Pemkab Biak Mulai Bayar Kontraktor

Para kontraktor saat menyalami Plt. Bupati Biak Numfor, Herry Aruo Naap, S.Si, M.Pd setelah pertemuan yang membahas pembayaran utang pihak ketiga di Sasana Krida, Kantor Bupati Biak, Kamis (13/9). (FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS)

BIAK-Utang pihak ketiga (pengusaha/kontraktor) secara bertahap mulai dibayarkan pada September 2018 ini. Sesuai rencana, pembayaran akan dilakukan terhadap 20 pengusaha setiap bulannya.

Mengingat keuangan daerah terbatas maka sistem pembayaran itu juga akan dilakukan secara selektif. Pembayaran terhadap kontraktor yang telah menyelesaikan pekerjaan pada 2015, 2016 dan 2017. Pembayaran hanya bagi yang mendapat rekomendasi pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

“Pembayaran akan dilakukan secara bertahap dan hanya yang direkomendasikan BPK yang akan dibayar. Kami tidak bisa melakukan pembayaran dengan begitu saja, tentunya harus ada dasarnya. Yang pasti kami akan upayakan bayar sesuai kemampuan keuangan daerah dan diupayakan setiap bulan ada 20 pengusaha yang dibayar,”ujar Plt. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd di depan puluhan pengusaha di Sasana Krida Kantor Bupati, Kamis (13/9) kemarin.

Dalam pertemuan itu, Herry A Naap, menceritakan tentang kondisi keuangan daerah yang lagi tidak sehat sehingga solusi yang ditawarkan untuk membayar utang kepada pihak ketiga adalah dilakukan secara bertahap.

“Kami ingin melakukan pembayaran sekaligus, namun kondisi keuangan daerah cukup memprihatinkan, saya kira semua tahu, termasuk para pengusaha itu sendiri. Ini yang kami akan benahi ke depan. Reformasi pengelolaan keuangan harus dilakukan secara besar-besaran,” paparnya.

Salah seorang pengusaha, Frengki, yang hadir dalam pertemuan itu menyambut baik rencana pembayaran pengusaha secara bertahap. “Langkah yang diambil oleh Plt. bupati kami apresiasi, kami tahu kondisi keuangan saat ini, namun tetap berupaya memperhatikan teman-teman yang belum dibayar,”pungkasnya. (itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *