Dua Tahun, Satgas Waspada Investasi Hentikan 188 Investasi Bodong

Tongam Lumban Tobing (FOTO : Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA-Dalam dua tahun terakhir (2017-2018), Satgas Waspada Investasi telah menghentikan 188 investasi bodong. Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing mengatakan, pada 2017 saja Satgas Waspada Investasi telah menemukan  80 investasi ilegal yang dihentikan. Sementara itu, di tahun 2018, tepatnya hingga September ini, terdapat 108 kasus investasi bodong yang telah ditangani secara nasional.

Hal ini disampaikan kala Satgas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum bidang penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi pusat bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan Sosialisasi Pencegahan Investasi Ilegal, yang dilaksanakan di SwissBel Hotel, Kamis (13/9) kemarin.

“Semua investasi yang menjadi temuan Satgas Waspada Investasi akan dilaporkan ke Bareskrim untuk selanjutnya didalami temuan tersebut, dalam rangka mengetahui apakah memang terjadi pelanggaran tindak pidana atau tidak,”  kata Tongam Lumban Tobing kepada wartawan, Kamis (13/9) kemarin.

Berkaitan dengan sosialisasi ini, Tobing menyebutkan bahwa ini sangat penting, dengan tujuan memberikan edukasi terhadap masyarakat, terlebih khusus soal kewaspadaan penawaran investasi bodong, sehingga masyarakat bisa lebih cerdas memilih investasi agar tidak terjebak dengan penipuan, yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat itu sendiri.

“Seperti diketahui, Satgas  Waspada Investasi memiliki dua tugas pokok, yakni pencegahan dan penanganan investasi ilegal. Untuk pencegahan, dalam kaitannya dengan sosialisasi. Sementara itu, langkah penanganan dilakukan ketika sudah terlanjur adanya investasi ilegal, di mana akan kami panggil perusahaan yang bersangkutan dan meminta mereka menghentikan aktivitas. Kemudian baru diserahkan ke pihak penegak hukum,” jelasnya.(gra/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *