Tahun Baru Islam, Momen Jaga Kerukunan dan Tolerensi

Susana kegiatan bazar yang dilaksanakan BKMM se-Kotaraja dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah, di halaman LPTQ Papua, Kotaraja, Distrik Abepura, Selasa (11/9). (FOTO : Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kegiatan jalan santai bersam adan bazar mewarnai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah yang dilaksanakan Badan Koordinasi Masjid dan Musala (BKMM) se-Kotaraja, Distrik Abepura di halaman LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Papua, Kotaraja, Selasa (11/9).

Terkait dengan peringatan Tahun baru Islam ini, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., mengajak seluruh umat Islam di Kota Jayapura untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragama dan toleransi dalam  bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum Tahun Baru Islam ini kiranya dapat meningkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Kota Jayapura sebagai kota beriman, agar terus menjaga toleransi antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan,” ungkap Wali Kota Tomi Mano saat melepas kegiatan jalan santai di halaman LPTQ Papua, kemarin.

Melalui momen keagamaan ini, Tomi Mano berharap hubungan umat Muslim maupun non Muslim di Kota Jayapura, bisa semakin tambah erat dan terus mendukung program pembangunan Pemerintah Kota Jayapura.
Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tomi Mano mengingatkan semua warga untuk tetap menjaga keasrian lingkungan dengan tidak membuang sampah atau limbah jenis apapun di sembarang tempat. “Karena kebersihan adalah bagian dari iman, maka penting bagi seluruh warga Kota Jayapura untuk bertanggung jawab bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ninie Suryana didampingi Ketua Majelis Taklim Gabungan 11 Masjid se-Kotaraja,  Hj. Suwarni Harar, SKM., MM., mengatakan, peringatan 1 Muharram 1440 Hijriah yang dilaksanakan BKMM se-Kotaraja ini diikuti 11 masjid di Kotaraja.

“Dalam kegiatan ini kami mengadakan jalan santai bersama dan bazar. Melalui kegiatan ini kami berharap bisa terus memupuk tali silahturahmi dan kami tetap mendukung program Pemkot Jayapura,” ungkap ninie Suryana.

Sementara itu, dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., juga melepas peserta jalan santai yang diselenggarakan BKMM se-Distrik Heram. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *