Plt. Bupati Perintahkan Semua Aset Daerah Ditertibkan

Plt Bupati Biak Numfor, Herry A Naap, S.Si., M.Pd., saat berbincang-bincang dengan wisatawan yang mengunjungi pameran kuliner di Lapangan Gelanggang Remaja Cenderawasih, baru-baru ini. (FOTO: Fiktor Palembangan/Cenderawasih Pos)

BIAK-Aset daerah milik Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yang angkanya menembus kurang lebih Rp 1 miliar nampaknya dokumennya belum tertib. Bahkan banyak dokumen kepemilikan sejumlah aset daerah itu disinyalir kurang tertib sehingga menjadi catatan penting dari BPK  pada setiap LHP-nya.

Plt. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd., mengakui kondisi belum tertibnya pendataan sebagian besar aset daerah. Untuk itu, dirinya telah memerintahkan supaya semua aset daerah divalidasi ulang dan termasuk kelengkapan dokumennya dengan maksud kedepan lebih tertib.

“Saya minta supaya semua aset daerah kembali didata ulang dan saya harapkan supaya dalam waktu tidak terlalu lama data-data aset itu semuanya saya sudah terima. Jadi jumlah dan sata aset harus lengkap,” katanya saat memimpin pertemuan rutin dengan sejumlah pejabat eselon II, III dan IV di kantor Dinas Perhubungan, Senin (10/9).

Dikatakan bahwa ke depan harus ada data yang jelas tentang jumlah kendaraan dinas, baik roda dua maupun roda empat. Termasuk aset-aset lainnya mulai dari perkantoran, perumahan, tanah dan sejumlah aset milik Pemda. Data aset itu juga harus dilengkapi dengan kepemilikan dan sejumlah keterangan lainnya.

“Salah satu yang menjadi persoalan besar ada di data aset. Saya juga heran dari tahun ke tahun yang menjadi catatan BPK dalam setiap LHP-nya adalah catatan tidak lengkapnya dokumen aset ini termasuk jumlahnya. Setiap tahun sudah menjadi catatan tapi kok terkesan tidak ada solusi. Ke depan saya tidak mau persoalan seperti ini dibiarkan. Bagaimana kita  mau maju kalau tidak ada keseriusan menyelesaikan setiap masalah,” tegasnya.(itb/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *