MRP Dorong Pilkada Kembali ke DPRP

Gamel Cepos
Temui Pendemo – Ketua MRP, Timotius Murib (kanan) ketika berdialog dengan pendemo di halaman MRP, Senin (10/9) kemarin. MRP setuju Pilkada kembali ke DPRP.

JAYAPURA – Banyaknya ending Pilkada khususnya di daerah pegunungan yang berujung konflik bahkan menelan korban jiwa menjadi catatan khusus bagi Majelis Rakyat Papua (MRP). MRP berfikir bahwa dari tahun ke tahun tidak bisa Papua dibiarkan rame hanya karena konflik dimana salah satunya lahir dari proses Pilkada.

Karenanya dalam waktu dekat MRP berinisiatif akan mendorong rekomendasi yang diteruskan hingga ke Kemendagri agar mengkaji kembali bahwa Pilkada tidak lagi menggunakan sistem noken melainkan dikembalikan ke DPR Papua. “Coba lihat sendiri, sering sekali Pilkada berujung masalah. Kita harus siapkan banyak anggaran hingga puluhan miliar untuk menyelesaikan konflik. Nyawa juga hilang percuma jadi kami setuju sekali ini dikembalikan ke DPRP, ” kata Ketua MRP Timotius Murib di ruang kerjanya usai menerima pendemo, Senin (10/9) kemarin.

Ia menyebut bahwa jika menggunakan e-Ktp seperti yang dilakukan secara nasional maka hal tersebut diyakini masih sulit. Pertama tidak semua orang Papua terlebih yang di kampung memiliki e-Ktp. Selain itu kalaupun harus menggunakan tentu harus menyiapkan sistem yang bagus sementara diketahui soal ini di daerah pegunungan masih sangat sulit.

“Kita belum bisa menerapkan itu sementara ada UU Otsus sehingga kami berfikir untuk dikembalikan agar semua Pilkada dikembalikan ke DPR.

Jangan samakan Papua dengan yang lain dimana Papua sukunya banyak sekali dan penyesuaiannya tidak bisa sama, ” jelasnya. MRP semakin bersemangat terlebih karena mengklaim telah mendapat dukungan dari komunitas masyakarat, lembaga gereja, lembaga adat, mahasiswa agar MRP lah yang menggagas Pilkada Gubernur,

Bupati dan Walikota dikembalikan. “Ingat waktu tahin 2013 lalu Pilakada Puncak Jaya ada 37 orang yang korban dan ada 35 miliar dikeluarkan dan ini merugikan jadi kami ingin dikembalikan,” pungkas Timotius. (Ade)

Ini dia videonya Ketua MRP minta Pilkada kembali ke DPRP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *