Komisi III DPRP Dorong Penerapan Perda Retribusi

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., berbincang-bincang dengan anggota DPR Papua Carolus Bolly, SE., MM., dan Emus Gwijangge, baru-baru ini. (Gans/Cepos)

JAYAPURA-Untuk membantu penganggaran penyelenggaraan PON XX tahun 2020, Komisi III DPR Papua yang membidangi keuangan dan aset daerah mendorong Pemprov Papua untuk segera menerapkan Peraturan daerah (Perda) Retribusi.

Ketua Komisi III DPR Papua, Carolus Bolly, SE., MM., mengatakan DPR Papua sudah menetapkan Perda Retribusi, namun Perda tersebut belum diterapkan.

“Sebenarnya dengan retribusi itu bisa membantu kalau kita sudah lakukan pungutan itu dari dulu. Misalnya melalui tiket pesawat dan kapal laut kemudian belanja di mall atau supermarket. Karena walaupun sedikit akan membantu dalam penganggaran dalam rangka menopang PON di Papua nanti,” ungkap Carolus

Carolus melihat masih ada waktu untuk Perda Retribusi diterapkan  dan sangat disayangkan jika Perda ini tidak diberlakukan. Apalagi, DPR Papua sudah berulang kali mendorong agar Perda ini diterapkan untuk membantu penyelenggaraan PON di Papua.

“Ini belum terlambat, oleh karena itu kita berharap Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, pada periode kedua kepemimpinannya bisa mendorong Perda ini,” pintanya.

Ditambahkan, pungutan retribusi apabila tidak melanggar Undang-Undang pajak, maka bisa dititipkan dengan nominal seratus hingga lima ratus rupiah. “Kita bisa titip melalui pembelian tiket pesawat dan kapal laut atau tiket orang nonton sepak bola. Tentunya bisa membantu menopang penyelenggaraan PON,” tambahnya.

Menurut Carolus Bolly, Perda Retribusi ini merupakan inisiatif DPR Papua sejak Provinsi Papua ditetapkan sebagai tuan rumah PON XX. (ans/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.