Bawa 153 Butir Amunisi, Seorang Pelajar Diamankan

Pelajar berinisial RW yang diamankan beserta BB berupa amunisi dan uang di Bandara Mozes Kilangin Timika, Senin (10/9)

JAYAPURA- Salah seorang calon penumpang pesawat di Bandara Baru Mozes Kilangin Timika berinisial RW (20) batal terbang ke Dekai, Kabupaten Mimika lantaran diamankan karena membawa amunisi, Senin (10/9).

Dari data yang dihimpun Cenderawasih Pos menyebutkan RW yang berstatus pelajar diamankan petugas x-ray di Terminal Bandara Baru Mozes Kilangin sekira pukul 11.10 WIT.

Saat itu RW masuk ke terminal Bandara Baru Mozes Kilangin dan oleh petugas X Ray diperintahkan untuk memeriksakan barang bawaannya di mesin x-ray.
Saat barang bawaan berupa ransel diperiksa di mesin x-ray terlihat gambar yang menyerupai amunisi.

Setelah ranselnya melewati mesin x-ray, RW langsung mengambil barang bawaanya dan menuju counter check in pesawat Demonim dan Susi Air untuk menanyakan tiket pesawat yang akan menuju ke Bandara Nop Goliat Dekai.

Sementara itu, petugas X-ray yang mengetahui ada amunisi dalam ransel RW, langsung melapor kepada kepala Avsex Bandara Baru Mozes Kilangin Timika.

Mendengar laporan tersebut, Kepala Avsex memerintahkan petugas Avsex untuk memeriksa ulang barang bawaan RW untuk dimasukkan ke X-ray lagi, dan terlihat amunisi di layar monitor.

Ransel milik RW yang terdapat amunisi, anggota Paskhas TNI AU langsung melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian.

Sekira pukul 11.21 WIT, petugas KP3 Udara didampingi Satgas penegakan hukum wilayah Mimika langsung mengamankan RW beserta barang bawaannya untuk diperiksa lebih lanjut dan membongkar barang bawaan tersebut.

Sekira pukul 11.32 Wit, RW dibawa ke Polres Mimika oleh Satgas penegakan hukum wilayah Mimika untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti 153 butir amunisi, uang sebanyak Rp 110 juta, 2 unit handphone dan KTP atas nama yang bersangkutan.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP I Gusti Agung, S.IK menyebutkan kasus ini sementara dalam pengembangan Timsus.
“Pelaku saat ini sudah kami amankan di Polres Mimika untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Gusti Agung melalui pesan WhatsAppnya. (fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *