Penyelenggaraan PON 2020 jadi Prioritas

JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan bahwa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Provinsi Papua menjadi prioritas utama.

“Sisa waktu kita hanya tinggal dua tahun ke depan dan tentu ini waktu yang sangat singkat sekali, sehingga harus dipercepat semua untuk menyiapkan semua kebutuhan PON 2020,”ungkap Enembe.

Sementara itu demi mewujudkan semua persiapan pada PON 2020 tersebut, pihaknya siap mengerakkan semua pimpinan OPD di Pemprov Papua untuk bagaimana menyelesaikan semua venus olahraga yang akan dipakai pada PON 2020.

“Kami akan lanjutkan semua program yang sudah dibuat selama ini. Yang masih kurang akan diperbaiki dan dievaluasi kembali, sedangkan  yang sudah baik akan diteruskan serta ditingkatkan,”ujarnya.

Hal lainnya juga menyangkut pemberian beasiswa kepada anak-anak asli Papua yang juga akan menjadi perhatian penuh pihaknya, sehingga Otsus Papua ini benar-benar dirasakan oleh semua pihak di Papua.

“Anggaran APBD kita sangat terbatas, sehingga adanya pengalihan tenaga guru dan pegawai Kehutanan dari kabupaten/kota ke provinsi kini membuat beban anggaran cukup besar. Belum lagi tidak diikut dengan dukungan dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) secara nasional kepada APBD Provinsi Papua,”terangnya.

Lanjut gubernur, penyelenggaraan PON di Provinsi Papua harus sukses karena ini merupakan pesta olahraga empat tahunan dan merupakan agenda besar negara.

Pihaknya berkomitmen penuh agar PON 2020 di Papua tidak boleh ada kata gagal , tetapi bagaimana saat ini Pemerintah bersama DPR Papua dan komponen lainnya memberikan dukungan terhadap kesuksesan PON di Papua ini.(ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *