Pembagian Dana Otsus akan Dirumuskan Ulang

Gubernur Lukas Enembe ketika berbincang dengan anggota DPR Papua, usai pelantikan Ketua PKK di Kemendagri, Rabu (5/9). (Hans Cepos )

JAYAPURA – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe siap melakukan perhitungan kembali pembagaian dana Otsus yang selama ini diberikan ke pemerintah kabupaten/kota.

“Kemungkinan kami akan sepakati kembali perubahan pembagaian dana Otsus ke kabupaten/kota. Kami akan rumuskan bersama yang terbaik bagaimana,  baru kemudian dilaksanakan di tahun berikutnya,”ungkap Enembe.

Dikatakannya,  ada banyak hal yang harus dikerjakan ke depan ini, dimana pihaknya akan agendakan untuk melanjutkan program yang memang sudah menjadi prioritas selama ini.

“Untuk pembagian kembali dana Otsus akan kami hitung ulang secara baik. Kami  akan hadirkan beberapa lembaga seperti dari UGM, terutama perhitungannya seperti apa nanti untuk kembai dikaji ulang,”ujarnya.

Kata gubernur, selama lima tahun periode pertama, pembagian dana yang bersumber dari Otonomi Khusus (Otsus) tersebut, pemerintah kab/kota mendapatkan alokasi 80 persen dan 20 persennya dikelola oleh Pemerintah Provinsi Papua.

“Untuk ke depan pembagian akan dikaji lagi, pasalnya beban APBD Provinsi Papua saat ini sangat besar, sehingga harus dilakukan perubahan kembali pemberian dana otsus ke kabupatan/kota tersebut,”pinta Enembe.

Ditanya berapa persen yang akan diterima kabupaten/kota di Papua, gubernur mengaku jika saat ini dirinya belum pastikan berapa persen. Pihaknya perlu lakukan kajian secara matang, sehingga pembagian dana Otsus ini tidak menimbulkan masalah,tetapi bisa diterima oleh kabupaten/kota.(ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *