Dua Rumah Warga Ludes Terbakar

Kondisi rumah warga yang terbakar di Kompleks Perumahan P dan P, Jalan Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Rabu, (5/9).   (Denny/ Cepos)

WAMENA–Dua unit rumah dan satu unit Mobil Toyota Rush, PA72 22 RT dan empat kendaraan roda dua (motor), ludes terbakar di kompleks perumahan P dan P,  Jalan Trikora, Kabupaten Jayawijaya sekitar pukul 10.30 WIT, Rabu, (5/9). Selain itu,  ada tiga ekor babi juga ikut terbakar. Penyebab kebakaran belum diketahui,  namun polisi menduga api berasal dari arus pendek listrik yang menyebar ke kompor yang dalam keadaan menyala. Kapolres Jayawijaya AKBP. Jan Bernard Reba saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran tersebut.

Diungkapkan, berdasarkan  keterangan dari warga sekitar, api bermula dari rumah Yusup yang terus menyebar ke rumah milik Musa Bhunda dan api terus menyebar hingga dua bangunan tersebut ludes terbakar.

“Selain dua rumah dan surat –surat berharga yang habis terbakar, juga ada 4 kendaraan roda dua, satu kendaraan roda 4, tiga ekor ternak babi yang ikut terbakar, ungkapnya saat ditemui di Polres Jayawijaya.

Kapolres memastikan, pihaknya masih melakukan penyelidikan karena informasi yang berkembang di masyarakat, kebakaran itu diduga karena kompor dan ada juga yang menyatakan dari arus pendek listrik, sehingga untuk membuktikan bahwa memang dari aliran listrik atau dari kompor harus dilakukan olah TKP.

“Korban masih dalam keadaan shock sehingga kami belum dapat keterangan dari pemilik rumah, muda-mudahan segera dapat sehingga bisa membuktikan ada unsur kesengajaan/kelalain atau tidak,”bebernya.

Kata Jan Reba, jumlah kerugian ditaksir sekitar Rp 750 juta.  Namun secara pasti ia belum bisa menyebutkan karena belum didata semuanya, apa saja yang ada dalam rumah  yang dindingnya kebetulan itu terbuat dari tripleks sehingga mudah terbakar.

“Kompleks rumah yang terbakar itu ditinggali oleh pensiunan pegawai P dan P dan warga sekitar juga kaget pada saat api sudah mulai membesar,”katanya.

Sementara itu dari pantauan Cenderawasih Pos di lapangan, api yang menyebar cepat langsung menghabiskan dua unit rumah yang  berjarak sekitar 300 hingga 400 meter dari Bandar Udara (Bandara) Wamena. Akibat kebakaran yang terjadi di sekitar Jalan Trikora, Pusat Kota Kabupaten Jayawijaya itu, akses jalan menuju Bandara dan sebaliknya sempat macet sebab sejumlah warga yang hendak menyaksikan kebakaran, memarkir kendaraan mereka di pinggiran jalan dua arah tersebut.

Dua  mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki air langsung diarahkan untuk memadamkan api tersebut. Bahkan warga sekitar juga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.