Soal WNA Polandia, Pangdam: Yang Bersangkutan Sudah Menyalahi Aturan

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit, saat memberikan keterangan di Base OPS Lanud Silas Papare Jayapura, Selasa (4/9). (FOTO: Yewen/Cepos)

SENTANI- Tertangkapnya warga negara asing (WNA) bernegara Polandia berinisial JF (39) yang diduga membawa amunisi (peluru) untuk diberikan ke Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), menurut Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit yang bersangkutan (warga Polandia) ini telah menyalahi aturan sebagai warga negara asing (WNA) yang berkunjung sebagai turis di wilayah Indonesia.

“Yang jelas dari informasi yang kami terima yang bersangkutan atau WNA berinisial JF ini telah menyalahi aturan-aturan berlaku bagi seorang turis,” ucapnya kepada wartawan di Base OPS Lanud Silas Papare Jayapura, Selasa (4/9).

“Apalagi WNA ini diduga sementara terlibat bersama-sama dengan Kelompok Kriminal Separatis  Bersenjata (KKSB),” tambahnya.

Jenderal bintang dua ini menyampaikan dari data yang diterima pihaknya memang pelaku WNA ini sudah lama di Papua dan kurang lebih ada 1 bulan di sini.

“Dia (WNA) ini sudah menyalahi visa, karena yang ada mungkin visa kunjungan, tetapi yang ada dia berupaya untuk bisa berkomunikasi dengan kelompok KKSB dan dia (pelaku) ini juga berencana mendukung kelompok KKSB,” ungkapnya.

Elnadus menyatakan kunjungan dari WNA atau turis secara umum bebas, tetapi ada kelompok-kelompok yang ditangkap oleh pihak kepolisian, sehingga terbongkar kedoknya pelaku WNA ini.

“Untuk mengawasi turis itu kewenangan dari Imigrasi, tetapi kita memang mengawasi, tetapi kegiatan dia (WNA) sampai ke di sana kita tidak tau apa yang dilakukannya,” ujarnya. (bet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *