RT / RW Harus Validasi KK

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayapura, Edy Susanto. (FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayapura, Edy Susanto, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada setiap RT/RW untuk melakukan validasi terhadap data penduduk yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Nanti kami akan menyampaikan ketua RT/RW dan nanti dikoordinir oleh Kepala Kampung,Lurah serta Kepala Distrik untuk memvalidasi kartu keluarga (KK) di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (3/9).

“Nanti kami akan bagikan arsip-arsip kartu keluarga yang ada di Didukcapil untuk nanti diverifikasi atau divalidasi oleh ketua RT dan RW, untuk mengetahui jumlah KK di setiap RT/RW yang ada,” tambahnya.

Edy berharap dengan langkah-langkah yang dilakukan ini, maka akan diperoleh jumlah penduduk dan jumlah calon pemilih atau jumlah penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih ini tidak terlalu bias.

“Jadi langkah-langkah ini yang kami lakukan dan kami juga akan selalu berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, sehingga data penduduk Kabupaten Jayapura bisa singron atau bisa sama dengan yang dimiliki oleh Kemendagri,” ucapnya.

Dia menyatakan pihaknya akan melakukan pembahasan dan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS), sehingga sesuai dengan kebijakan pusat tahun 2020 mendatang data kependudukan sudah satu dan sumbernya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di setiap daerah yang ada di Indonesia.

“Nanti Didukcapil dan BPS akan mendata oleh data penduduk, sehingga data inilah yang akan menjadi data base yang digunakan sebagai data awal melakukan apeting data penduduk,” ujarnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *