Ruas Jalan Tindaret-Rosbori Akhirnya Diaspal

Tanjakan gunung Sarderi yang dulunya menjulang tinggi, kini sudah diaspal licin. Kawasan ruas jalan ini diaspal lebih awal untuk memperlancar akses jalan dari Tindaret menuju Rosbori-Ariobo, Distrik Windesy, Kabupaten Kepulauan Yapen. (FOTO : Sinambela/Cepos)

SERUI-Kabar gembira bagi nasyarakat Distrik Pantai Utara,  Tanjakan Gunung Sarderi yang menjulang tinggi yang selama ini menjadi penghambat utama, kini sudah terbuka akses ruas jalan dari Distrik Pantai Utara (Pantura) yakni tembus ke Distrik Windesy. Puluhan tahun warga yang tinggal di daerah itu seperti dianaktirikan akibat kurangnya perhatian pemerintah setempat di berbagai sektor.

Di kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, R, S.Sos-Frans Sanadi, BSc, S.Sos, MBA periode 2012-2017, Yapen yang dijuluki sebagai Kota Pejuang, Kota Pendidikan, Kota Kembang dan Kota Pencetus Zona Damai di Papua kian mengalami perubahan.

Bupati Tonny Tesar memutar otak untuk membangun Yapen melalui programnya yang lebih fokus membangun infrastruktur jalan untuk menghubungkan antara kampung dengan kampung kemudian kampung dengan distrik sampai distrik menuju ibukota kabupaten yang dinamai ruas jalan Trans Yapen.

Gerakan dan kerja keras Bupati Tonny dan Wabup Sanadi memburu infrastruktur jalan kian mengalami peningkatan wilayah jalan trans bagian Timur sudah tembus. Kini pekerjaan berat Bupati Tonny dan Wabup Sanadi kian menantang lagi  jilid2 yang harus menuntaskan ruas jalan trans di bagian Barat dan Utara.

   Usia 1 tahun tepatnya Oktober jilid2 Bupati Tonny dan Wabup Sanadi memimpin Kepulauan Yapen, gaung membangun infrastruktur terus berlanjut. Ruas jalan Papuma Ansus hingga Ansus terus digenjot. Sedangkan di wilayah bagian Utara, tanjakan gunung yang menjulang tinggi tepatnya Gunung Sarderi sudah ditaklukkan. Kini ruas jalan Tindaret-Rosbori sudah dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat seiring jalan yang bagus da  sudah diaspal licin.

Anak-anak, sampai orang tua menyaksikan atau menonton ruas jalan gunung Sarderi saat diaspal licin. Mereka tidak yakin bahwa jalan yang sudah dibuka digunung Sarderi akan diaspal licin. Setelah ruas jalan selesai diaspal, betapa mereka senang dan bahagianya karena akhirnya aspal licin menyentuh ruas jalan di Kampung. “Pokoknya bangga dan senang melihat gebrakan Bupati Tonny dan Wabup Sanadi yang sudah membangun pantura. Kawasan jalan di Puncak Sarderi sudah licin, kami apresiasi pemerintah mulai pusat, Provinsi Papua khususnya Bupati dan Wabup Yapen yang terus menggenjot pembangunan di Yapen” tegas Dorteis Imbiri, warga Kampung Rosbori  saat berbincang-bincang dengan Cenderawasih Pos.

Program pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung di Kampung Rosbori dan Ariobo, kata Imbiri, masyarakat sangat mendukungnya. “Kami juga siap mengawasinya, karena yang kami butuhkan adalah jalan agar tembus ke Ibukota kabupaten yaitu Serui,” katanya. Generasi berikutnya, tidak ingin melihat bahkan mendengar mereka bertarung di laut dengan susah hanya untuk belanja dan menjual hasil kebun ke Biak lagi. Karena itu, jalan harus terus dibangun sehingga tembus sampai jalan trans Yapen.

“Inilah kerinduan hati kami, sehingga program dan aspek lainnya akan menyentuh dan berhasil di bagian Pantai Utara. Hasil pertanian dari Pantai Utara,” ungkap Imbiri .

“Wilayah kami subur dan kaya. Masuknya jalan di Pantai Utara akan mendorong petani menggerakkan lahannya,” pungkasnya.(rin/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *