Pemkab Harus Gandeng Orang Tua Murid

Keceriaan anak murid SD Arso Timurk Kabupaten Keerom, Jumat, (31/8). Diharapkan anak asli Keerom memiliki semangat yang tinggi  untuk bersekolah. (FOTO : Noel/Cepos)

KEEROM-Untuk mengatasi masalah pendidikan bagi masyarakat asli Keerom, Pemkab Keerom dan orang tua diharapkan berkolaborasi untuk menyadarkan anak asli Keerom bersekolah dengan baik. “Anak asli kurang memiliki semangat untuk bersekolah karena  ada beberapa faktor, yang pertama faktor ekonomi, yang kedua tempat tinggal dan masalah biaya pendidikan,” Kata Ketua KNPI Keerom, Hans Sumel di Keerom, Jumat, (31/8).

Hans meminta kepada Pemkab Keerom agar melihat dari semua sektor dan khususnya di bidang ekonomi, peredaran uang harus merata di setiap wilayah. “Kalau uang tidak beredar di masyarakat, maka pendapatan masyarakat itu tidak ada dalam sehari, khususnya masyarakat asli Keerom,”tandasnya.

Selain itu, kendala pendidikan bagi anak Keerom kadang orang tua tidak mampu untuk membiayai makan sehingga mereka mencari makan sendiri, ini yang menghambat mereka untuk bersekolah dengan baik. “Saya sarankan dalam menganggarkan beasiswa, orang tua dan pemerintah harus kerja sama, orang tua bertanggung jawab untuk pemenuhan ekonomi anak, sementara beasiswa ditanggung oleh pemerintah,” ujarnya.

Iya juga berharap adanya keterlibatan lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang bisa turut serta memberikan ilmu di setiap wilayah secara sukarela, karena masyarakat Keerom butuh perhatian lebih. “Saya berharap lembaga kemitraan dapat melakukan pembinaan terhadap pemuda di daerah ini juga,”pungkasnya. (oel/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *