Polres Jayapura Musnahkan 500,9 gram Ganja

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon bersama pihak Kejaksaan Negeri Jayapura dan Sat Narkoba Polres Jayapura, saat memusnahkan barang bukti (BB) Narkoba jenis ganja di Obhe Reay May Polres Jayapura, Kamis (30/8) kemarin. ((foto Yewen/Cepos)

SENTANI- Polres Jayapura memusnahkan kurang lebih 500,9 gram narkoba jenis ganja yang ditemukan dari dua tersangka, masing-masing berinisial NLW (28) yang merupakan salah satu pegawai negeri di Kabupaten Jayapura dan DHS (32) di lokasi yang berbeda-beda.

Pemusnahan terhadap barang bukti ganja ini dilakukan secara langsung oleh Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, perwakilan Kejaksaan Negeri Jayapura, Ansely Kambuaya, SH, Kasat Narkoba Polres Jayapura, AKP Najamuddin di Obhe Reay May Polres Jayapura, Kamis (30/8).

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, menjelaskan bahwa kedua tersangka ini ditangkap dalam waktu dan tempat yang berbeda. Untuk tersangka NLW ditangkap saat pihak kepolisian menerima informasi dari petugas Lapas Narkotika Doyo Baru bahwa ada pengendara motor Honda Beat yang berboncengan di sekitar Lapas.

“Kemudian dari informasi tersebut anggota Satuan Narkoba melakukan penyelidikan dan menghentikan tersangka. Setelah diintegrasi tersangka mengakui bahwa dirinya telah menyimpan ganja di rumahnya, sehingga anggota bergerak ke rumah tersangka dan berhasil mendapatkan barang bukti (BB) ganja seberat 374,49 gram,” jelasnya saat ditemui usai pemusnahan ganja di Mapolres Jayapura, Kamis (30/8).

“Sementara untuk tersangka DHS  ditangkap saat hendak berangkat dari bandara Sentani tujuan Timika. Saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas bandara, pelaku kedapatan membawa barang bukti (BB) ganja seberat 125,99 gram yang disim[an dalam celana dalam dan saku baju pelaku kemudian dari pihak bandara melaporkan kepada kami, sehingga kami langsung melakukan penahan terhadap tersangka,” tambahnya.

Atas perbuatan yang dilakukan oleh kedua tersangka, maka Victor menyatakan kedua tersangka dijerat dengan pasal 111 ayat (1) subsider 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *