Petugas Puskesmas Towe Jalan Kaki Lanyani Warga

Desi Barang (foto noel)

KEEROM-Petugas Puskesmas Towe, Distrik Towe Hitam, Kabupaten Keerom,  terpaksa berjalan kaki berhari-hari untuk melayani kesehatan warga di kampung-kampung.

“Di Distrik Towe Hitam ada dua Puskesmas, saya bertugas di Puskesmas Towe, jarak antara Puskesmas Towe Hitam dengan masing-masing kampung sangat jauh,” kata Desi Barang, salah seorang tenaga bidan yang bertugas di Puskesmas Towe saat ditemui di Keerom, Kamis, (30/8).

Menurut Desi, Puskesmas Towe  melayani enam kampung, semua kampung itu ditempuh dengan jalan kaki hingga melewati hutan. “Kalau kami melayani kesehatan warga di kampung-kampung, harus jalan kaki melewati sungai dan gunung-gunung,” ujarnya.

Desi menjelaskan, jika tidak hujan maka bisa jalan kaki selama dua hari, bermalam di tengah hutan lalu melanjutkan perjalanan. “Tapi kalau cuaca tidak bersahabat hujan terus menerus terpaksa kita bermalam selama seminggu baru kita melanjutkan perjalanan lagi,”ujarnya.

Dia mengatakan, ada satu kampung yang paling jauh yakni Kampung Militi, kampung itu ditempuh dengan jalan kaki selama satu hari kemudian naik speed boat selama tiga jam. “Kemudian ada dua kampung lagi yakni Kampung Jember dan Towe Atas ditempuh dengan jalan kaki selama dua sampai tiga hari,”tandasnya.

Ia menambahkan sedangkan tiga kampung lainnya ditempuh dengan berjalan kaki selama tiga jam. (oel/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *