Durian Melimpah, Rp 100 Ribu Dapat 3-4 Buah

Alan seorang penjual buah keliling di Sentani saat melayani konsumennya, Kamis (30/8) kemarin.(FOTO: Yohana/Cepos)

SENTANI  Dalam seminggu terakhir ini Kota Jayapura dan sekitarnya mulai dibanjiri Buah Durian dari Biak dan Manokwari.  Tak heran kalau harga yang ditawarkan pedagang cukup murah Rp 100 ribu bisa dapat 3 sampai 4 buah.

Penjual buah keliling di Sentani,  Alan mengatakan,  pihaknya sudah seminggu ini mendapat kiriman Buah Durian dari Biak dan Manokwari  untuk  dijual di Jayapura,  Sentani  dan Abepura. Beberapa pedagang keliling  juga mengambil  durian dari dirinya  untuk dijual kembali.

Dikatakan Alan,  setiap hari dirinya mendatangkan   buah durian melalui pesawat karena kalau mengunakan kapal laut perjalanannya lama.

“Sehari saya menyediakan 8-10 boks durian,  dimana satu boks berisi 20-30 buah durian,  tergantung besar kecilnya.  Harga yang kami sediakan mulai dari Rp 100 ribu/empat buah untuk durian yang kecil, untuk ukuran sedang  Rp 100 ribu/tiga buah dan durian yang besar Rp 100 ribu/buah,” ungkap Alan kepada Cenderawasih Pos,  Kamis (30/8) kemarin.

Lanjutnya,  harga durian saat ini tergolong murah karena banyaknya kiriman  buah dari beberapa daerah yang lagi musim  durian. Diperkirakan dalam 2 minggu ke depan harga sudah  kembali  mahal karena stok sudah mulai berkurang.

Kondisi  serupa juga dialami  Muaina, penjual buah keliling  di Padang  Bulan Waena. Dirinya mengakui sudah seminggu  ini menjual buah durian dengan harga Rp 100 ribu/3 buah untuk durian sedang dan  durian besar Rp 100 ribu-Rp 150 ribu/buah.

“Saat ini memang  durian yang  paling  banyak  dicari konsumen,  sehingga kami hanya menyediakan  buah durian dulu, sambil menunggu buah-buah lainnya  seperti mangga,  matoa, buah naga  dan sebagainya, “kata Alan. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *