Cegah Teroris, Siapkan Aplikasi e-Waniambey 

Dr.Merlan S.Uloli, SE. MM (foto Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura,  memang  telah  melaunching inovasi barunya, yakni aplikasi e-Waniambey.  Dimana  tujuan Dispendukcapil Kota Jayapura membuat inovasi ini adalah untuk mengetahui mobilitas penduduk luar yang ada di Kota Jayapura,  menghindari masuknya penduduk ilegal atau teroris di Kota Jayapura, serta untuk mengetahui data akurat penduduk Kota Jayapura yang memegang KTP luar.

   Oleh karena itu, untuk lebih memasyarakatkan aplikasi ini, maka rencananya Dispendukcapil Kota Jayapura, akan  melakukan sosialisasi aplikasi e-Waniambey kepada semua aparat pemerintah sampai di tingkat terbawah.

  Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura Dr.Merlan.S.Uloli,SE.,MM mengaku akan mengundang Kepala Distrik, Kepala Kelurahan, Ketua  RW, Kepala asrama dan lainnya, untuk bisa mengunduh aplikasi ini dan menjadi perpanjangan tangan Pemkot untuk mensukseskan inovasi ini pada acara sosialisasi  di aula Sian Soor Kantor Pemkot Jayapura, pada   6 September 2018 mendatang.

  “Aplikasi e-Waniambey ini adalah aplikasi pendaftaran penduduk non permanen atau penduduk ber-KTP luar mulai 6 bulan ke atas.”ungkap Merlan kepada   Cenderawasih Pos, saat diwawancarai di ruang kerjanya,  Kamis (30/8) kemarin.

   Dimana aplikasi ini bisa diunduh melalui aplikasi play store di HP android, dengan mengetik e-Waniambey, setelah terdaftar secara otomatis, data yang bersangkutan sudah tersimpan di data base Dispendukcapil Kota Jayapura.

  “Bagi penduduk non permanen wajib melakukan pendaftaran, karena jika belum terdaftar, maka pada saat operasi yustisi yang bersangkutan akan diberikan sanksi untuk mengikuti sidang Yustisi,’’katanya

  Merlan juga menambahkan, jika penduduk sementara ini  telah berhasil mendaftarkan dirinya melalui aplikasi ini, maka nanti secara otomatis datanya masuk di Dispendukcapil Kota Jayapura.

  Setelah itu, yang bersangkutan akan diberikan Kartu Penduduk Tinggal Sementara (KPTS) yang dikeluarkan Dispendukcapil Kota Jayapura), yang bisa dibawa  bersangkutan.

   “KPTS warnanya kuning merah, saat ini kami sedang lakukan uji coba pencetakan sebanyak 1000 KTPS,’’ungkapnya.

  Ditambahkan,  nanti kartu ini bisa langsung diambil yang bersangkutan di Kantor Dispendukcapil Kota Jayapura atau dikirim ke alamat yang bersangkutan melalui pelayanan Tok_tok pos, kerjasama antara Dispendukcapil Kota Jayapura dan PT. Pos indonesia di wilayah Kota Jayapura. (dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *