Warga Asmat Sambut Peresmian Rumah Mereka dengan Suka Cita

Warga Asmat  saat menari dan bergoyang sebagai tanda syukur atas bantuan dan peresmian rumah mereka oleh Lantamal  XI Merauke,  Rabu (29/8).   (foto Sulo/Radar Merauke)

MERAUKE- Warga Asmat  yang tinggal di sampinmg Mako Lantamal  XI Merauke, jalan Nowari   Merauke menyambut  peresmian tempat  tinggal  mereka yang baru  dengan suka cita. Tampak wajah mereka  berserih-seri. Mereka bernyanyi,   bergoyang dan menari sambil  diiringi kecapi dan  tifa. Ya, 42 kepala keluarga dengan jumlah 432 jiwa  tersebut selama ini tinggal  di rumah  yang dapat dikatakan kurang layak huni.

    Dan atas   perhatian dari Lantamal XI Merauke,  ke-42 kepala keluarga  tersebut dibuatkan   tempat tinggal semacam barak   dengan bahan dari kayu. Dimana tidak lagi seperti dulu satu  rumah  ditempati  2-3 kepala keluarga, namun  setiap kepala keluarga tinggal dalam satu petak  rumah tersebut.

     Rabu (29/8), kemarin,  Danlantamal XI Merauke  Brigjen TNI (Mar) I Ketut  Suaria meresmikan rumah tersebut ditandai dengan penguntingan tapi pita dari kulit kerang. Wakil bupati Merauke  Sularso, SE  dan Ketua DPRD  Merauke FX Sirfefa menyaksikan  langsung peresmian  rumah tersebut.  Untuk sementara, rumah    tersebut dilengkapi dengan 10 MCK.  Selain peresmian rumah  tersebut,  juga  pemberian paket sembako dari Yayasan Pundi Amal Kasih SCTV dan Indonesiar  dan paket seragam dan alat tulis bagi anak-anak  sekolah  yang ada di tempat  tersebut yang merupakan binaan Lantamal  XI Merauke.    

      Kepada wartawan, Danlantamal XI Merauke  Brigjen TNI (Mar) I Ketut  Suaria menjelaskan, rumah yang diresmikan   tersebut merupakan bantuan dari Lantamal XI bagi saudara-saudara Asmat yang selama ini belum diperhatikan.   Danlantamal berharap,   rumah yang dibangun ini meski sangat sederhana   namun dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh setiap keluarga yang menempatinya.

   Sementara itu, Wakil Bupati Merauke  Sularso, SE, menyampaikan   terima kasih  kepada pihak Lantamal XI  Merauke yang telah  memberikan  perhatian  kepada  warga  Merauke  tersebut. Dan berharap masyarakat   yang menerima  bantuan ini dapat memanfaatkan dengan   baik.

    Diketahui,   tanah yang ditempati  warga asal Asmat  tersebut  merupakan lahan milik H. Matto. Menurut  Danlantamal,    tanah  tersebut sifatnya dipinjam  oleh Lantamal  untuk sementara ditempati warga   tersebut dan berharap kedepan pemerintah daerah dapat membantu mencarikan lahan  atau lokasi  bagi warga  tersebut.

   Danlantamal menambahkan, bantuan ini merupakan stimulus  dan berharap  ini sebagai awal  untuk menggugah kepedulian  terhadap saudara-saudara   yang membutuhkan perhatian.  (ulo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *