Gedung Cold Storage  Siap Difungsikan

Gedung Cold Storage yang dibangun di dekat Pasar Ikan Fandoy yang siap difungsikan dalam waktu dekat. Gedung yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan ini diharapkan dapat membantu peningkatan pendapatan nelayan di Kabupaten Biak Numfor.

BIAK-Gedung Cold Storage (tempat pendingin ikan) yang dibangun di dekat Pasar Ikan Fandoy , Biak Kota telah rampung dan tinggal diresmikan. Secara keseluruhan segala kelengkapan fasilitas yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan itu sudah lengkap dan tinggal menunggu pemasangan listrik lalu diresmikan.

“Kalau listrik sudah terpasang maka langsung akan diresmikan, yang pemasangan listrik sudah kami koordinasikan. Daya yang digunakan cold storage ini cukup tinggi sehingga perlu dipersiapkan dengan baik,”ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor Efendi Irigiza, S.Pi, MM saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Rabu, (29/8) kemarin.

Kekuatan daya yang akan digunakan oleh cold storage ini memang cukup tinggi, sebesar  235 KVA. Terkait dengan itu, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Biak Numfor telah melakukan koordinasi dengan PLN. Tak hanya itu, untuk mengantisipasi pemadaman listrik PLN tiba-tiba maka juga akan disiapkan generator untuk stand by, minimal generator 250 KVA.

“Listrik bisa saja padam setiap saat, sementara cold storage ini harus 24 jam. Nah, untuk mengantisipasi terjadinya listrik padam maka perlu ada generator dan itu sementara dipersiapkan,” katanya.

Dengan cold stroge ini ikan hasil tangkapan masyarakat nelatan menjadi lebih lama bertahan dan bernilai jual lebih tinggi. Hal itu karena ketersedian ikan akan stabil dengan adanya tempat pendingin tersebut.

Pembangunan cold storage ini merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun anggaran 2017, dengan anggaran kurang lebih Rp. 19 miliar. Sedangkan  Kapasitas atau daya tampung ikan tangkapan masyarakat di cold storage ini paling sedikut 200 ton.  (itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *