Pemkab Yahukimo Tiap Tahun Alokasikan Rp 50 Miliar

Denny/ Cepos
 Bupati Yahukimo Abock Busup bersama rombongan saat meninjau pembangunan jalan yang menghubungkan Jayawijaya-Yahukimo, Senin, (27/8).

Untuk Pembangunan Infrastruktur Dasar

WAMENA-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengalokasian anggaran sebesar Rp 50 miliar tiap tahun untuk pengembangan infrastruktur dasar seperti jalan di lima titik yang menghubungkan Jayawijaya- Yahukimo, Yahukimo —Asmat dan sejumlah distrik yang belum ada jalan daratnya.

Bupati Yahukimo, Abock Busup saat di Wamena, mengatakan, puluhan miliar itu digunakan untuk membangun akses dari lima rute berbeda, yang menghubungkan Yahukimo dengan kabupaten sekitar, dan pemukiman terisolasi yang ada di Kabupaten Yahukimo sebagai bentuk keberpihakan pemerintah.

“Infrastruktur dasar seperti jalan ini penting sekali. Dalam kepemimpinan saya yang tinggal tiga tahun, pembangunan fasilitas jalan tetap dilakukan terus, karena DPRD sudah buat peraturan daerah, jadi setiap tahun kita alokasikan Rp 50 miliar,”ungkapnya, Senin, (27/8).

Karena komitmen itu sudah diperdakan oleh DPRD, maka bupati memastikan masyarakat di beberapa kawasan terisolasi akan segera memiliki akses jalan yang bisa dijangkau dengan mobil atau motor.

“Anggaran itu DPRD tidak boleh kurangi, sebab peraturan daerah sudah ada. Kalau dikurangi itu konsekuensi dan masyarakat bisa menggugat. Jadi sebelum bahas yang lain, lima rute ini disisihkan dulu, karena itu menjadi dasar sehingga DPRD tidak boleh bongkar pasang aturannya,”kata Abock.

Bupati juga mengharapkan, di akhir kepemimpinannya, beberapa distrik yang selama ini hanya bisa dijangkau dengan pesawat kecil, sudah memiliki akses transportasi lain seperti mobil atau motor.

“Dengan pembukaan jalan ini, penggunaan pesawat bisa kita kurangi. Kemudian harga kebutuhan masyarakat di distrik-distrik yang mahal, dan peredaran uang yang sangat susah karena semuanya mengandalkan penerbangan itu bisa kita kurangi,”jelasnya.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *