Optimis, Monumen  Kapsul Waktu Segera Rampung

Monumen Kapsul Waktu  di Merauke yang saat ini terus  dikebut penyelesaiannya. (FOTO: Sulo/Radar Merauke)

MERAUKE-  Peringatan Hari  Ulang TNI ke-73  secara nasional yang akan dipusatkan di Kota Rusa Merauke  pada 5 Oktober mendatang    rencananya akan dihadiri langsung Presiden  Republik Indonesia. Disela-sela peringatan    HUT TNI ke-73 tersebut, Presiden Joko Widodo  juga akan meresmikan sejumlah proyek nasional yang dibiayai  APBN.

Salah satunya  adalah  Monumen Kapsul Waktu yang berisi mimpi-mimpi  Indonesia 70 tahun mendatang dihitung dari tahun 2015 lalu.  Saat ini, proyek   monumen kapsul waktu yang menelan anggaran Rp 83 miliar tersebut terus dikebut  pihak pelaksana dari PT Nindya   Karya  yang merupakan salah satu perusahaan plat  merah tersebut.

    Kepala Satuan  Kerja (Satker) Penataan  Bangunan dan Lingkungan Papua Direktorat Bina Penataan Bangunan dan Lingkungan Kementrian PUPR  Erwin Sucipto, seusai menggelar  rapat terkait percepatan   penyelesaian  pembangunan Monument  Kapsul Waktu   tersebut mengungkapkan bahwa langkah-langkah percepatan  pihaknya sudah   lakukan. 

Hanya  yang menjadi kendala utama yang dihadapi selama ini, dimana  hampir seluruh bahan  material yang  digunakan didatangkan dari luar Papua. Mulai dari batu andesit, pasir, kerikil    sampai rumput    yang akan di tanam di lapangan  atau alun-alun  dari Monumen Kapsul Waktu tersebut.

‘’Dalam rangka  5 Oktober itu,  karena alun-alun itu biasa dipakai  untuk upacara diharapkan  bisa dipakai. Karena   untuk alun-alunnya, kita tinggal  tanam rumput. dalam 2-3 hari kedepan, rumputnya   sudah tiba di Merauke dari Jakarta,’’ kata  Erwin Sucipto.

Rumput yang ditanam tersebut, jelas dia merupakan rumput khusus dan penanamnya tidak ditanam secara manual tapi  akan ditanam dengan cara semprot.  ‘’Bibitnya   yang ditanam dengan cara semprot dengan menggunakan mesin semprot,’’ jelasnya.  

Sehingga di bulan Oktober tersebut, pekerjaan  monument kapsul waktu tersebut  sudah rampung. Apalagi, kata  dia, menteri PUPR  telah menargetkan  Monumen  Kapsul Waktu tersebut akan diresmikan 5 Oktober 2018.

Diketahui, pembangunan Monumen  Kapsul Waktu  yang berisi mimpi-mimpi Indonesia dari 34 provinsi  untuk  70 tahun  mendatang itu dicanangkan  oleh Presiden Joko Widodo bulan Desember 2015 lalu.  Monumen Kapsul  Waktu   yang dibangun  ini hanya ada di Merauke dan baru akan dibuka pada tahun 2085 mendatang.  (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *