Kapolda Martuani Janjikan Papua Lebih Kondusif

Penyambutan Kapolda Papua, Irjen Martuani Sormin, oleh Irjen Boy Rafli Amar, kala pertama kalinya menginjakkan kakinya di Mapolda Papua, Kamis (23/8) pagi kemarin. (FOTO: Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Resmi sudah Polda Papua memiliki pimpinannya yang baru. Sosok Kapolda Papua saat ini tidak lain ialah Irjen Pol Martuani Sormin, menggantikan Irjen Pol Boy Rafli Amar yang telah menduduki jabatan itu 16 bulan lamanya.

Kapolda Martuani mengatakan bahwa tugas utama dirinya sebagai Kapolda Papua ialah tetap menjaga situasi Papua sehingga semakin kondusif lagi. Bukan hanya itu, melainkan targetnya yang lain ialah mempersiapkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih saat pelantikannya nanti berjalan dengan baik dan aman.

“Pertama, kita membuat situasi Papua semakin kondusif. Kedua, kita persiapkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih Papua agar berjalan aman dan lancar, di mana akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin, kepada wartawan, Kamis (23/8) kemarin.

Tugas ketiga yang ingin ia penuhi, di mana menjelang perayaan Natal-Tahun Baru, sekaligus dalam rangkaian Pemilu 2019. Demikian, dengan agenda-angenda inilah, Kapolda Martuani akan berupaya bekerja dalam menjaga kondisi kamtibmas di Papua sehingga menjadi lebih kondusif.

“Soal gangguan keamanan, kita sudah punya satgas yang mana ini menjadi tugas rutinitas mereka. Artinya, tugas-tugas kewilayahan itu sudah dilakukan dengan baik, sehingga perlu untuk terus dilakukan demikian,” tambahnya.

Sinergitas pun menjadi satu prioritas yang dikedepankan Kapolda Martuani, sebab ia menganggap bahwa Polda Papua tidak bisa menjalankan tugasnya sendirian. “Sebaliknya, kita membutuhkan bantuan TNI, serta pula pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dalam ini seluruh stakeholder di Papua,” pungkasnya.

Serah Terima Jabatan Kapolda Papua

Sebagai tanda serah terima jabatan Kapolda Papua dari Irjen Boy Rafli Amar kepada Irjen Pol Martuani Sormin, dilakukannya Upacara Serah Terima Pataka Polda Papua Rastra Samara, di Mapolda Papua, Kamis (23/8) kemarin.

Dalam sambutannya, Irjen Boy Rafli Amar, yang meninggalkan jabatan Kapolda Papua untuk menjalankan tugas barunya sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, mengatakan bahwa bahwa Upacara Serah Terima Pataka ini sebagai wujud nyata proses peralihan penugasan kepemimpinan, terutama dari pejabat lama ke pejabat baru.

“Saya selaku pribadi menyampaikan permohonan maaf kepada rekan-rekan semuanya yang selama ini telah bekerja dengan saya jika di dalam pelaksanaan tugas saya selaku Kapolda Papua banyak hal-hal yang tentunya mungkin kurang berkenan di hati,” sebut Irjen Boy Rafli Amar.

Tidak ketinggalan Irjen Boy Rafli meminta seluruh jajaran Polda Papua untuk kerja keras dan kerja bersama. Hal ini dikarenakan di era kepemimpinan Irjen Pol Martuani Sormin, tentu setiap hari Polda Papua selalu menghadapi berbagai dinamika di lapangan yang tentunya harus memerlukan kecermatan, keprofesionalan Polri dalam mengantisipasi setiap gangguan keamanan yang terjadi.

“Oleh karena itu,  tentu saya selaku pejabat lama berkeyakinan dan tentu  Bapak Irjen Pol Martuani Sormin yang juga pernah menjadi Kapolda Papua Barat setidak-tidaknya mengenal kondisi sosial pemasyarakatan terhadap masyarakat Papua, yang mana menjadi gambaran informasi yang tentunya dapat menjadi modal yang kuat di dalam tugas-tugas  beliau bersama rekan-rekan sekalian,” tambahnya.

Di sisi lain, Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin, menyematkan harapan bahwa di tempat yang baru, Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar sebagai Wakalemdiklat Polri akan semakin sukses. Jalinan silaturahmi antara Irjen Boy Rafli dan keluarga besar Polda Papua pun diharapkan terjalin dengan hangat.

“Mungkin kami juga menitipkan kepada bapak karena kami punya SPN di Jayapura ini yang mudah-mudahan dengan hadirnya Bapak sebagai Wakalemdiklat Polri akan memberikan solusi bagi hambatan peralatan, kekurangan sarana, dan alat pendidikan yang ada di SPN Jayapura,” jelas Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin.

Demikian terhadap jajarannya di Polda Papua, Kapolda Martuani percaya apabila kerja sama dijalin, baik dengan Polres, Polsek, maupun Satker, maka tidak ada tantangan tugas yang tidak bisa diselesaikan.

“Diharapkan kedepan kita akan semakin baik, karena apapun yang terjadi di Papua ini akan segera termonitor dan pasti sampai ke Jakarta. Atas nama besar keluarga Polda Papua, saya mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas kepada bapak Irjen Pol Boy Rafli Amar dan keluarga. Semoga di tempat yang baru sebagai Wakalemdiklat Polri semakin sukses,” pungkasnya.

Farewell dan Welcome Parade

Setelah seharian penuh, yang mana diawali penyambutan Kapolda Papua yang baru, yakni Irjen Pol Martuani Sormin, dilanjutkan berbagai kegiatan serah terima jabatan, serta pula Upacara Serah Terima Pataka Polda Papua Rastra Samara, perpisahan dengan mantan Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar pun tak dapat terbendung lagi.

Dalam Farewell dan Welcome Parade, Irjen Pol Boy Rafli Amar menyempatkan diri menyalami satu per satu jajaran yang telah ia pimpin selama 16 bulan menjabat Kapolda Papua itu. Tak ayal, emosi dan rasa haru pun singgah di perasaan Sang Jendral, sehingga tetes air mata pun tak mampu lagi ia bendung. Tak ayal tangannya sesekali terlihat mengusap air mata yang bergelinang di matanya.  Hal serupa terlihat juga pada istrinya, Ny. Irawati Boy Rafli Amar, yang tak mampu menahan perasaan harunya harus berpisah dengan pengurus Bhayangkari yang ia salami satu per satu.

Di akhir jabat-berjabat tangan yang dilakukan, Irjen Boy Rafli meninggalkan Mapolda Papua dengan diarak sejumlah anggota Polda Papua sebelum akhirnya menaiki mobil yang telah menunggu. (gra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *