Honda DBL Papua series Akan Dimulai 1 Oktober

Tim Juara Akan Mendapatkan Piagam dari Presiden Jokowi

JAYAPURA-Demam kompetisi bola basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda Development Basketball League (DBL) Papua Series tak hanya dirasakan para pemain dan ofisial. Para suporter pun tak kalah antusias menunggu gelaran tersebut.

Nah, tak terasa Honda DBL Papua Series akan kembali digelar di Kota Jayapura, panitia lokal telah mendapatkan sinyal positif untuk menggelar even paling heboh  di Papua itu.  Cenderawasih Pos sebagai  pelaksana  Honda DBL Papua Series bakal melaksanakan kompetisi bola basket pelajar terbesar di Indonesia itu mulai 1 Oktober-6 Oktober mendatang di GOR Waringin, Kotaraja.

Wenny Firmansayah, kru Honda DBL Papua Series menyebut panitia telah mengantongi izin tempat pelaksanaan di GOR Waringin, dan saat ini panitia telah mengirim surat izin keramaian ke pihak kepolisian. “ Kami harapkan semua proses perizinan lancar,” katanya.

Selain itu dia meminta kepada SMA/SMK di Papua untuk mempersiapkan diri  baik dari komposisi pemain, sampai proses pendaftaran, dan juga untuk tim dance seperti biasa mulai dipersiapkan, karena waktu tinggal satu bulan lagi.

“Bagi yang berada di luar Kota Jayapura, seperti Merauke, Timika, Biak, dan Wamena bisa mendaftarkan melalui online, atau yang dari Kota Jayapura  juga bisa mendaftar via online, tapi panitia juga menyiapkan formulir offline, nantinya bisa diambil atau diantar ke sekolah,” ungkapnya.

Ya, sekadar diketahui,  tahun ini Honda DBL Berbeda dengan sebelumnya, musim ini tim terbaik di masing-masing provinsi akan mendapatkan piagam penghargaan Presiden Joko Widodo. Presiden ke-7 Republik Indonesia itu memberikan perhatian lebih karena DBL telah memberikan sumbangsih pada olahraga basket Tanah Air.

Bahkan pria yang akrab disapa Jokowi itu mempersilahkan lauching Honda DBL 2018 di  Istana Bogor, 12 Mei lalu. Ketika itu, Jokowi bersama beberapa menteri juga turut bermain basket bersama enam alumni DBL.

“Liga ini sudah berlangsung sangat lama. Dari kota ke kota dan dari provinsi ke provinsi. Kita lihat sangat bagus. Dari sana, kita bisa pilih untuk tim nasional (timnas) satu persatu,” kata Jokowi ketika itu.

Apa yang diungkapkan Presiden merujuk pada peran Honda DBL untuk timnas. Dari daftar pemain yang dirilis timnas basket putri Indonesia untuk Asian Games XVIII/2018 Jakarta-Palembang, sebanyak 60 persen atlet adalah jebolan Honda DBL. Sedangkan untuk putra mencapai 40 persen.

Antusias peserta dalam liga yang telah bergulir sejak 2004 itu juga selalu memang tinggi. Setiadaknya setiap tahun lebih dari 40 ribu peserta terlibat. Untuk itu, musim ini liga akan bergulir di 30 kota berbeda di Tanah Air. Jumlah tersebut bertambah dari edisi sebelumnya sebanyak 25 kota.

Selain itu, mengusung Full Time Student, Full Spirit Athlete, Honda DBL juga tetap berkomitmen agar atlet tak hanya berprestasi dalam olahraga basket. Namun, peserta yang ikut dalam liga ini juga harus memiliki prestasi di bidang akademis.

“Sejak awal pendaftaran kami menekankan dengan penyaringan nilai rapor. Peserta yang tidak naik kelas tidak boleh ikut,” kata Donny Rahardian selaku Wakil Direktur DBL Indonesia. (*/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *