Cakupan Imunisasi MRP Capai 74,35%

Yewen/Cepos
Seorang anak tengah mendapatkan imunisasi MRP belum lama ini.

SENTANI- Terhitung sejak tanggal 1 Agustus 2018 hingga 21 Agustus 2018, cakupan imunisasi Measleas (Campak), Rubella dan Polio(MRP) di Kabupaten Jayapura sudah mencapai 74,35%.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, saat ditemui Cenderawasih Pdi Gedung DPRD Kabupaten Jayapura, Selasa (21/8). “Kabupaten Jayapura hingga saat ini merupakan kabupaten tertinggi untuk cakupan MRP,” ungkapnya.

Tertingginya imunisasi MRP di Kabupaten Jayapura tidak terlepas dari adanya perluasan pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura di sekolah-sekolah, Posyandu, Puskesmas, Pustu, dan di masyarakat. “Kita berharap agar sasaran yang diberikan ini bisa kita capai di Kabupaten Jayapura,” ucap Khairul.

Untuk mengantisipasi ketakutan yang berlebihan tentang MRP ini sendiri, kata Khairul pihaknya selalu berkoordinasi dengan tim medis di RSUD Yowari, terutama dokter spesialis anak dan supervisi tim di Kabupaten Jayapura terhadap semua puskesmas untuk melihat standar prosedur pelaksanaan, sehingga diharapkan kejadian-kejadian yang terjadi di kabupaten lain bisa dihindari di Kabupaten Jayapura.

“Untuk campak dan rubella ini memang tidak ada obatnya, sehingga memang salah satu yang harus dicegah adalah memberikan imunisasi, sehingga dengan imunisasi yang cukup baik, maka virus ini tidak berkembang di masyarakat,” ucapnya.

Dia menyatakan bahwa tingginya imunisasi di Kabupaten Jayapura tidak terlepas dari sosialisasi yang diberikan oleh pihaknya kepada masyarakat dan juga adanya kesadaran tersendiri dari masyarakat  tentang pentingnya imunisasi MRP ini. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *