36 Orang Lulus Tes Secaba Pedalaman Tahap Pertama 

Danrem 172/PWY, Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar saat memeriksa salah satu peserta tes  Secaba Pedalaman di Makorem 172/PWY, Sabtu (18/8). (FOTO : Takim/Cepos)

JAYAPURA- Sebanyak 36 orang dari 100 orang peserta a Tes Secaba Pedalaman dinyatakan lulus dalam tes Sidang Parade Secaba Pedalaman yang dipimpin langsung oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar   di Aula Makorem 172/PWY, Sabtu (18/8).

   Danrem Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan bahwa lulusnya ke-36 orang calon Bintara Pedalaman ini merupakan hasil seleksi yang ketat, obyektif dan transparan, sehingga bagi peserta tes yang belum dinyatakan lulus, diberitahukan kekurangan apa saja yang harus diperbaiki sehingga dapat dijadikan pedoman untuk mengikuti tes pada kesempatan yang lain.

   Danrem pun menambahkan bahwa pada umumnya yang tidak lulus dikarenakan tidak memenuhi ketentuan dalam rekruitmen prajurit TNI AD. Hal yang fatal, yaitu masih ditemukan di lapangan peserta tes berijazah palsu, umur yang melebihi, kesehatan stakes 4, ijazah penebalan dengan menggunakan ijazah orang lain dan ada pula yang merubah tahun kelahiran.

   “Data-data tersebut akan menjadi bahan pembelajaran untuk pelaksanaan tes berikutnya sehingga peserta tes dapat lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi prajurit Bintara/Tamtama TNI AD berikutnya, ujar Danrem.

   Pelaksanaan Tes Tahap Pertama Secaba Pedalaman yang dimulai sejak tanggal 1 Agustus hingga 18 Agustus 2018, diselenggarakan secara selektif, obyektif dan transparan. Yakni,  dimulai dari Administrasi, Kesehatan, Jasmani Postur dan Mental Ideologi. Dari 100 orang peserta yang mengikuti tes, sebagian besar berasal dari wilayah pedalaman yang ada di Kabupaten Sarmi, Yahukimo,  Keroom, pedalaman Kabupaten Jayapura,   Nduga,  Lanny Jaya,   Tolikara serta wilayah pegunungan dibawah binaan Korem 172/PWY.

   Sidang yang dipimpin langsung Danrem 172/PWY melibatkan Tim Kesehatan, Tim Jasmani, Tim Mental Indeologi dan Tim Administrasi yang memakan waktu lama hingga   pukul 20.00 WIT. Tim seleksi memang harus jeli melihat   i kelebihan dan kekurangan dan harus cek ulang agar tidak terjadi kesalahan dalam penentuan rangking maupun nilai. Dan penentuan nilai pun harus berdasarkan ketentuan dan aturan yang berlaku dan tidak bisa ditolerir apabila ditemukan indikasi-indikasi yang  tidak sesuai aturan.

  Setelah melalui penilaian seleksi yang ketat dengan didukung data-data akurat di lapangan, akhirnya diputuskan dari 100 Orang Peserta yang mengikuti Tes Secaba Pedalaman, maka 36 orang dinyatakan Lulus seleksi tahap Pertama untuk selanjutnya mengikuti seleksi Tahap Kedua  di Rindam XVII/Cenderawasih, Senin (20/8) hari ini. (kim/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *