BI Ajak Masyarakat Tukar Kartu ATM Berlogo GNP

Joko Supratikto. (FOTO : Yohana /Cepos )

JAYAPURA – Untuk mempermudah konsumen melakukan pembayaran atau transaksi, BI mengajak masyarakat menukarkan kartu ATM Berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Kepala Perwakilan Bank Indonesia,  Joko Supratikto  mengatakan, kartu GPN di Papua memang belum banyak ditukarkan oleh masyarakat, karena sebagian masyarakat ada yang sudah mengetahui ada juga yang belum.  Untuk itu mulai Hari Senin – Sabtu (20-25) pihaknya akan melakukan kampanye penukaran kartu ATM yang lama  ke kartu ATM berlogo GPN.

“Kampanye ini akan kami lakukan dibeberapa tempat yaitu hari Senin dan Selasa (20-21/8) di Bank Indonesia,  Kamis (23/8) di Taman Imbi dan Jumat-Sabtu (24-25/8) di Kantor Gubernur,”ujarnya  kepada Cenderawasih Pos,  Kamis (16/8) kemarin.

Di Papua untuk penukaran kartu ATM berlogo GPN akan diikuti beberapa perbankan seperti Bank Mandiri,  Bank BRI,  Bank BNI,  BTN, BCA dan BPD (Bank papua). Pihaknya melibatkan 5 bank tersebut melakukan penukaran kartu ATM yang berlogo GNP, karena kelima bank tersebut yang paling banyak memiliki kartu ATM yang telah tersebar di Kota Jayapura maupun Papua.

Untuk Hari Sabtu (25/8) kegiatan ini akan diikuti oleh semua perbankan selain kelima bank yang ada, sehingga bagi masyarakat yang ingin menukarkan kartu ATM lainya dengan yang berlogo GPN bisa langsung menukarkan di Kantor Gubernur.

“Kami menargetkan paling tidak dalam event tersebut sehari dapat melayani penukaran 100 kartu/bank. Kami mengundang semua nasabah untuk dapat menukarkan kartu yang lama dengan kartu GPN. untuk prosedur penukaran nasabah cukup membawah KTP dan kartu ATM yang lama, nasabah tidak harus membawah buku tabungan seperti yang biasanya dilakukan di bank pada saat pembuatan kartu ATM,” terangnya.

Dijelaskan Joko, Kartu GPN hanya dapat digunakan untuk bertransaksi di dalam negeri, sedangkan bagi nasabah yang menginginkan dapat bertransaksi di luar negeri,. satu rekening dapat dibuatkan dua kartu yaitu satu khusus GPN (transaksi dalam negeri) dan satunya lagi kartu yang khusus untuk transaksi di luar negeri.

“Melalui kartu GPN selain dapat digunakan pada saat melakukan transaksi di EDC di ATM pun juga dapat digunakan transaksi antar bank, kami mengajak masyarakat untuk datang menukarkan kartunya di BI selama 2 hari yaitu tanggal 20 dan 21 untuk menukarkan kartu lama dengan kartu baru berlogo GPN sekaligus akan mendapatkan kupon doorprize,” pungkasnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *