Mantan Bendahara Sekwan DPRD Biak Divonis 20 Bulan

BIAK-Mantan bendahara Sekwan DPRD Biak Numfor, DM divonis hukuman 1 tahun 8 bulan (20) penjara dikurangi masa tahanan. Vonis hukuman yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Biak itu lebih ringan enam bulan dari tuntutan jaksa yang menuntutnya  2 tahun penjara.

Dalam amar putusan yang dibacakan secara bergantian oleh tiga majelis hakim, terdakwa  dinilai terbukti melanggar Pasal 39 ayat (1) UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Nomor 6 Tahun 1983 sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU nomor 28 Tahun 2007 adalah setinggi tingginya 6 tahun penjara dan denda 4x pajak terutang.

Majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada terdawa karena dinilai telah merugikan negara Rp 202.895.714.  Persidangan tersebut dipimpin majelis hakim yang diketuai W Marco Erari, SH. Hal-hal yang memberatkan terdakwa adalah tidak mendukung program pemerintah dalam hal penerimaan negara, dimana atas perbuatannya mengakibatkan kerugian pada pendapatan negara sebesar Rp 202 juta. Namun terdakwa sebagai tulang punggung keluarga, kooperatif  dan berlaku sopan selama pesidangan, serta belum pernah dihukum adalah hal-hal yang meringankan.

Terdakwa diwajibkan membayar denda dua kali lipat dari pajak terutang sebesar Rp 405.971.428. Dalam pembacaan putusan tersebut majelis hakim menjelaskan bahwa semua unsur dalam tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah terbukti.

“Vonis yang dijatuhkan kami sudah terima karena memang sudah telah memenuhi 2/3 dari tuntutan kami JPU,” kata Kasi Intel Kejari Biak Sugianto yang juga bertindak sebagai JPU dalam kasus tersebut.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *