KKB Kembali Berulah, Karyawan PTFI  Kena Tembak

JAYAPURA- Disaat bangsa Indonesia tengah merayakan HUT ke 73 tahun, termasuk di Papua diadakan upacara bendera dan bebagai kegiatan,  aksi penembakan diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di Timika, Papua.   Penembakan ini melukai seorang karyawan PT Freeport, Jonatan Sopaheluwakan, yang sementara tengah mengendarai Truk Iveco Flat Bed Mekanik di Area Mile 65, Distrik Tembagapura, Mimika, Jumat (17/8) pagi kemarin.

Akibatnya, Sopaheluwakan mengalami luka pada bagian lengan kanan atas, di mana proyektil peluru yang ditembakan itu masih berada di dalam lengannya. Bukan hanya itu, terdapat pula luka lecet pada bagian dada sebelah kanan, serta pada pipi kanan, yang mana diakibatkan terkena serpihan kaca. Demikian, Sopaheluwakan selaku korban kini sudah mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Tembagapura pasca peristiwa itu.

  “ Kita cukup sayangkan hal ini terjadi di Hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia,  yang mana masih ada Kelompok Kriminal Bersenjata yang berulah dengan melakukan penembakan terhadap warga sipil,” ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M Kamal, kepada wartawan, Jumat (17/8) kemarin.

  Disebutkan, peristiwa penembakan ini terjadi di pagi hari, sekiranya pukul 6.20 WIT, di mana Sopaheluwakan tengah mengendarai truknya bersama Jansen Goga Ranteborong dari Mile 66 menuju Mile 62 untuk melakukan perbaikan kendaraan Trailer yang menghalangi akses jalan karena mengalami kerusakan.

  Namun, sebelum menuju Mile 62, para karyawan yang merupakan mekanik ini hendak menjemput pengawal dari Satgas yagn berada di Mile 64. Demikian, pada saat kendaraan melintas di area Mile 65, seketika kendaraan mereka ditembak KKB sebanyak 15 kali dari arah kiri dan kanan jalan. Meskipun masih dalam kondisi ditembaki, Sopaheluwakan menghentikan kendaraannya untuk segera langsung mundur, meninggalkan lokasi kejadian. Bahkan, dalam keadaan mundur sekalipun, hujan tembakan terus diarahkan ke kendaraan mereka.

  Sopaheluwakan yang saat itu masih dalam keadaan sadar membawa truknya ke bengkel KPI di Mile 66, yang mana selanjutnya pengawas di KPI Mile 66 dan anggota Polri Pam PTFI langsung membawanya menuju Rumah Sakit Tembagapura guna mendapatkan perawatan medis.

Untuk aktivitas di area Mile 65 sendiri sudah berjalan seperti sedia kala. Sementara itu, anggota Kepolisian setempat pun sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan di Mile 65 tersebut.

“Anggota kita, yakni Satgas Amole saat itu melakukan olah TKP bersama Polsek Tembagapura, lalu kemudian melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan itu,” tambahnya.

Kronologis Kejadian :

  1. 1. Pukul 06.10 WIT pagi, Jonatan Sopaheluwakan dan Jansen Goga Ranteborong berkendara dari Mile 66 menuju Mile 62
  2. 2. Sebelum menuju Mile 62, keduanya bertolak dulu ke Mile 64 menjemput pengawal dari Satgas
  3. 3. Pukul 06.20 WIT pagi, di Mile 65, KKB menghujani kendaraan yang dikendarai dengan tembakan
  4. 4. Pukul 06.26, keduanya kembali ke Mile 66, di bengkel KPI
  5. 5. Pengawas di KPI Mile 66 dan anggota Polri Pam PTFI membawa Jonatan Sopaheluwakan yang mengalami luka menuju Rumah Sakit Tembagapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.