KPU Tunggu Masukan Dari Masyarakat

Ketua KPU Kabupaten Jayapura Pieter Silas Wally (FOTO : Roberth Yewen/Cenderawasih Pos)

SENTANI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura telah menetapkan daftar calon sementara (DCS) legislatif tingkat Kabupaten Jayapura pada Sabtu (11/8) lalu.

Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Pieter Silas Wally, mengungkapkan bahwa pihaknya untuk penetapan DCS sudah dilakukan sejak Sabtu lalu dan untuk mempublikasikannya, pihaknya menggunakan salah satu media lokal di Papua.  “Ini supaya masing-masing caleg melihat dan ada tanggapan dari masyarakat beberapa waktu kedepan ini,” ungkapnya saat dikonfirmasi Cenderawasih Pmelalui telepon selulernya, Selasa (14/8).

Menurut Pieter sejak dipublikasikan penetapan nama-nama calon sementara legislatif memang sudah ada beberapa masukan dari masyarakat, terkait penetapan daftar calon sementara legislatif yang dipublikasikan oleh KPU Kabupaten Jayapura.

“Kalau ada masukan dari masyarakat, terkait DCS, maka kita akan panggil calon yang bersangkutan untuk meminta klarifikasi sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada,” ucapnya.

Dia menyatakan untuk saat ini tidak ada calon yang digugurkan pasca ditetapkannya daftar calon sementara (DCS) oleh KPU, namun demikian, yang saat ini yang masih bermasalah adalah Partai Berkarya yang menggonta ganti bakal calonnya. Pihaknya sendiri sudah membantu, tetapi sampai dengan penetapan DCS masih datang mengurus, sehingga pihaknya menyarankan agar diselesaikan di tingkat parpol terlebih dulu baru diserahkan ke KPU.

“Nanti yang menjadi kewenangan kami, akan kami lakukan, tetapi semua masalah mengenai pencalegan merupakan kewenangan parpol dan kita penyelenggara tidak bisa intervensi sampai di rumah tangganya parpol,” ujarnya.

  Sesuai dengan jadwal yang ada, maka untuk pengumuman daftar calon tetap (DCT) akan diumumkan pada tanggal 21-23 September 2018 mendatang. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *