Ikut Karnaval, Plt Bupati Tampil dengan Pakaian Adat

KARNAVAL: Plt. Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd., didampingi istri Ny. Naomi Rumkabu Naap menggunakan pakaian adat saat mengikuti karnaval budaya nusantara dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Selasa (14/8).(FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS)

BIAK-Antusias masyarakat Kota Biak dan sekitarnya mengikuti karnaval nusantara yang digelar Pemkab Biak Numfor menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 cukup tinggi. Ragam budaya sebagai ciri khas dari adat istiadat ditampilkan dalam berbagai formulasi parade  dari masing-masing peserta, Selasa (14/8).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd., juga ikut mengambil bagian dalam karnaval budaya nusantara itu. Bahkan Herry Ario Naap yang didampingi istri Ny. Naomi Rumkabu Naap tampil dengan busana khas Papua menggunakan mahkota cenderawasih.

Dalam karnaval tersebut  Herry Naap juga memegang sebuah tombak dan tameng. Penampilan Plt Bupati itu tak hanya menggambarkan kecintaan terhadap budaya khas daerah Kabupaten Biak Numfor, namun dari sisi makna bahwa ia mengingatkan kembali tentang pendahulunya di Kabupaten Biak Numfor ketika berperang menggunakan tombak dan tameng untuk menegakan kebenaran dalam sebuah peperangan.

Plt. Bupati Biak Numfor, Herry A Naap mengatakan bahwa karnaval budaya nusantara tentunya mengingatkan keanekaragaman budaya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari  NKRI dan merupakan suatu kekuatan besar untuk pembangunan. Untuk itu, budaya-budaya nusantara harus dilestarikan dan dijadikan kekuatan besar ke depan dalam menyukseskan berbagai bentuk pembangunan di Biak Numfor.

 “Karnaval budaya nusantara ini dilakukan setiap tahun menyambut HUT Kemerdekaan RI. Namun kegiatan ini bukan sekedar sebagai rutinitas setiap tahun tapi ada hal-hal pokok yang harus dimaknai yaitu perbedaan budaya merupakan bagian dari kekuatan kita untuk membangun negara Repuplik Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Biak Numfor khususnya,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos di sela-sela persiapan karnaval budaya, kemarin.

Herry Naap juga mengajak semua pihak supaya terus melestarikan budaya yang dimiliki. Kemajemukan suku dan budaya di Kabupaten Biak Numfor diharapkan menjadi salah satu modal besar dalam membangun ke depan. Selain itu, ia juga mengajak semua komponen masyarakat agar tetap membangun kerja sama dan komunikasi yang baik dalam mempertahankan Kabupaten Biak Numfor yang aman dan damai.

Dari pantauan Cenderawasih Pos, Plt. Bupati bersama istri tampil di bagian paling dengan bersama kelompok OPD Pemkab Biak Numfor dalam karnaval itu. Selanjutnya paguyuban nusantara yang menampilkan berbagai tarian, pakaian adat serta lainnya tampil secara berurutan di belakang.

Secara keseluruhan ada 18 peserta yang ikut dalam karnaval budaya nusantara ini, termasuk dari masing-masing OPD Pemerintah Kabupaten Biak Numfor. Pelepasan karnaval nusantara itu dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor Ir. Zeht Sandi, MM. (itb/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *