Harusnya Pembangunan SDM yang Diprioritaskan

Laurenzus Kadepa (Gamel Cepos)

Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa,( gratia/cepos)
JAYAPURA- Pembangunan SDM dirasa DPR Papua menjadi faktor penting dalam pembangunan Indonesia, serta pembangunan daerah, termasuk pula di Papua. Hal ini disampaikan Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa, yang menilai bahwa sekiranya pembangunan SDM ini harus didahulukan ketimbang pembngunan infrastruktur.
Statemen Kadepa disampaikan menyusul pernyataan pemerintah pusat di mana pembangunan SDM mendapat prioritas di 2019 mendatang.
“Di tahun terakhir ini barulah ada statement pembangunan SDM dilakukan. Ini yang disayangkan sebab, kenapa tidak dari awal pembangunan SDM ini diprioritaskan, ketimbang pembangunan infrastruktur,” sebut Laurenzus Kadepa kepada Cenderawasih Pos, Jumat (10/8) lalu.
Memang, baik pembangunan SDM dan infrastruktur memiliki keuntungan masing-masing. Namun jikalau berkaca pada peristiwa belakangan ini, di mana terkuaknya penyelundupan miras ke wilayah pegunungan melalui jalan Trans Papua, maka pembangunan infrastruktur berdampak negative pula.
Orang asli Papua juga belum seluruhnya punya kendaraan sehingga untuk siapa sebenarnya jalan itu dibangun. Kesimpulannya, ini langkah yang bijak, tapi kasihan saja baru mau dilaksanakan di tahun terkahir ini. Seharusnya dari awal itu fokus dulu dengan SDM,” tambahnya. (gra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *