Antusias Masyarakat Saksikan Karnaval Tingkat SD

Tampak warga yang cukup antusias menyaksikan dari dekat lomba karnaval tingkat SD se-Kabupaten Biak Numfor dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-73, Jumat (10/8) kemarin. ( FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS)

BIAK-Ribuan masyarakat Biak Numfor tampak antusias menyaksikan lomba karnaval tingkat SD yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-73 tingkat Kabupaten Biak Numfor, Jumat (10/8) kemarin. Lomba karnaval yang  star di samping Lapangan Mandala dan finish di depan Super Market Hadi, dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onny Dageubun, S.Pi, M.Si.

Warga Kota Biak terlihat memenuhi jalan yang dilalui oleh peserta karnaval, mereka datang melihat dari dekat anak-anak mereka yang tampil dalam karnaval itu. Para peserta karnaval itu tampil dengan berbagai jenis pakaian yang menandakan salah satu dari cita-cita mereka kelak. Misalnya tampil layaknya seorang dokter, TNI/Polri, menteri dan lainnya.

 “Sudah lima hari kami datang melihat orang lomba gerak jalan dan karnaval, saya lihat ini yang paling banyak orang. Mungkin karena banyak orang tua juga datang melihat anaknya yang ikut karnaval,” kata Nurhayati yang ikut membawa dua anaknya yang masih kecil.

Dari pantauan Cenderawasih Pos, warga telihat cukup sesak memenuhi di sepanjang Jalan Imam Bonjol.  Bahkan panitia harus meminta warga yang memenuhi troar dan depan pertokoan supaya tidak berdesak-desakan masuk di ruas jalan karena dilalui para peserta lomba karnaval.

Selain animo masyarakat yang cukup tinggi datang menonton, animo peserta lomba karnaval untuk memeriahan HUT RI ke-73 juga terlihat cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat dari setiap sekolah yang melibatkan murid-murinya yang rata-rata di atas 100-an anak.

“Sebenarnya kegiatan lomba karnaval tidak sekadar rutinitas setiap tahun untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan, namun yang terpenting bahwa dari kegiatan ini, anak-anak dibangkitkan rasa nasionalismenya. Tentu disisi lain dari kegiatan ini juga mereka akan tahu tentang bagaimana perjuangan pejuang sebelumnya dan apa yang akan mereka lakukan ketika besar nanti,”ketua panita.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *