Perempuan Harus Bisa Duduki Jabatan Strategis

Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, Thimotius Demetouw, menyematkan tanda peserta kepada salah satu peserta sosialisasi penguatan kapasitas perempuan yang dilaksanakan oleh Dinas PP PA Kabupaten Jayapura di Hotel Horex Sentani, Kamis (9/8).(FOTO : Roberth Yewen/Cenderawasih Pos)

SENTANI- Peran perempuan di dalam menduduki posisi di bidang politik maupun jabatan publik lainnya di secara nasional khususnya di Provinsi Papua masih kurang, apalagi di Kabupaten Jayapura masihlah jauh dari harapan. Untuk itu, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP PA) Kabupaten Jayapura melaksanakan kegiatan perumusan kebijakan peningkatan peran dan posisi perempuan di bidang politik dan jabatan publik di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, yang diwakili oleh Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, Thimotius Demetouw, mengharapkan agar melalui sosialisasi ini dapat meningkatkan peran perempuan dalam mengisi jabatan-jabatan strategis baik di bidang politik, pemerintahan dan bidang-bidang lainnya di Kabupaten Jayapura.

“Para perempuan ini perlu didorong dan diberikan penguatan di dalam sosialisasi ini, sehingga perempuan bisa berperan dan mengambil inisiatif untuk terlibat di dalam organisasi politik dan publik yang ada di kabupaten ini,” ungkapnya kepada wartawan usai membuka kegiatan sosialisasi di Hotel Horex Sentani, Kamis (9/8).

Thimotius berharap melalui sosialisasi ini, maka akan dapat meningkatkan peran perempuan untuk lebih aktif lagi mengambil bagian di bidang legislatif maupun eksekutif yang ada di Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Kepala Dinas PP PA Kabupaten Jayapura, Maria Bano, menjelaskan bahwa pihaknya melihat presentase di dunia legislatif sangat sedikit atau rendah, apalagi Kabupaten Jayapura untuk periode ini saja hanya 1 perempuan yang ada di legislatif.

“Yang kami undang ini adalah perempuan-perempuan yang akan maju sebagai calon legislatif dari berbagai dapil di Kabupaten Jayapura. Ini supaya sosialisasi yang kami berikan dampak memberikan pemahaman kepada mereka supaya nanti bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk terjun ke dunia politik,” jelasnya.

Maria, berharap dengan adanya sosialisasi hari ini kepada perempuan yang terlibat dalam dunia politik ini bisa memahami tentang bagaimana posisi mereka dan bisa ikut terlibat aktif di dalam dunia legislatif nantinya.

“Kami berharap kepada ketua-ketua partai untuk memberikan kesempatan para perempuan juga untuk sama-sama bersaing sebagai calon legislatif di tahun 2019 mendatang, sehingga bisa ada perwakilan perempuan minimal 7 orang di legislatif,” ucapnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *