Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Melalui Pembinaan Kerajinan

Dinas Pariwisata for Cepos
 Salah seorang pengrajin saat mendapat arahan dan petunjuk dalam pelatihan ekonomi kreatif  di Aula Badan Diklat Kabupaten Sarmi, Kamis (2/8).

JAYAPURA-Dinas Pariwisata Provinsi Papua melaksanakan Pelatihan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Sarmi yang berlangsung selama 3 hari dari 31 Juli –  2 Agustus 2018. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Badan Diklat Kabupaten Sarmi.

Pelatihan ini dikhususkan kepada kelompok pengrajin terfo, kain tenun asli Kabupaten Sarmi sebanyak 30 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sarmi, Yohanes Mansi mengatakan, salah satu fungsi program ekonomi kreatif adalah menumbuhkembangkan sumberdaya masyarakat lokal untuk meningkatkan kesadaran melalui pelatihan, penyuluhan dan pembinaan kerajinan kepada masyarakat.

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membangun kesepahaman dalam rangka peningkatan SDM masyarakat, khususnya pengembangan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat lokal yang berbasis potensi lokal,” ungkap Yohanes Mansi dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sarmi, Ibu Yosina Insyaf  yang sekaligus membuka kegiatan ini dalam arahannya memberikan apresiasi kepada kegiatan pelatihan. Namun Wakil Bupati berpesan hendaknya kegiatan pelatihan ini ditindaklanjuti dengan pendampingan dari Dinas Pariwisata Kabupaten dan instansi terkait agar hal – hal yang dipelajari selama pelatihan dapat dikembangkan.

“Saya berharap keterlibatan generasi muda sehingga kerajinan  tenun Terfo tidak berhenti di generasi sekarang,” kata Yosina Insyaf. (eri/Dispar Papua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *