Petugas Avsec Pembawa Miras Oplosan Dikenai UU Pangan

Kapolsek KP3 Bandara, Ipda Enceng Kurniadi saat memperlihatkan Barang-bukti (BB) yang diamankan oleh Polsek Bandara Wamena, beberapa waktu lalu . Pelaku yang merupakan petugas Avsec Bandara Sentani dikenai hukuman UU Pangan.

WAMENA- Kapolres Jayawijaya, AKBP Jan Bernard Reba menegaskan, pihaknya telah memproses hukum terhadap oknum petugas AVSEC Bandara Sentani Jayapura yang kedapatan membawa 47 botol Miras jenis Wisky Robinson (diduga oplosan) ke Jayawijaya.

“Kami amankan minuman oplosan dari tangan petugas Avsec dan langsung memprosesnya, saya sudah minta penyidiknya untuk menerapkan undang undang pangan,”ungkapnya, Senin (6/9) kemarin.

Terhadap pelaku, menurut Reba telah dikenakan UU Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pangan. Petugas Avsec ini dikenai UU Pangan karena diduga minuman yang dibawa merupakan minuman oplosan sehingga ia bisa ditindak sesuai pidana pangan.

Dia membawa minuman oplosan yang diracik dalam botol sehingga pihaknya kenakan UU pangan, jelas ini sangat membahayakan konsumen atau masyarakat yang mengkonsumsi Miras tersebut.

Lanjut Reba, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala bandara agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi, sebab dari kasus penyelundupan yang dilakukan oknum Avsec yang diduga selama ini memanfaatkan jabatan untuk memasukan barang-barang ilegal seperti minuman keras (Miras) ke Wamena.

“Saya imbau semua pihak, baik masyarakat dan petugas yang berkepentingan di bandara untuk tidak memanfaatkan peluang mengirim Miras, narkotika karena ini sangat menganggu dan meresahkan masyarkat di Jayawijaya,”tegasnya.

Sebelumnya, Kepolisian Sektor (Polsek) Bandara Wamena mengamanankan seorang petugas Avsec  Bandara Sentani berinisial LO yang hendak menyelundupkan minuman keras (Miras) jenis Wiski Robinson di Terminal Bandar Udara Wamena, Kamis (26/8).

LO dibekuk saat membawa Miras sebanyak 47 botol usai turun dari pesawat yang ditumpanginya dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura di terminal Bandara Wamena.

“Kami sudah amankan yang bersangkutan bersama barang bukti 47 botol miras jenis Wiski Robinson (Wiro) yang dikemas dalam dua tas ransel dan dua karton yang dipegang, “jelas Kapolsek Bandara Wamena, Ipda Enceng Kurniai.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *