Bersihkan Selokan, Warga Temukan Mortir Aktif

BOM AKTIF: Tim Jihandak Brimob Polda Papua mengangkat bom yang ditermukan warga di Ale-ale, Distrik Heram,  Senin (6/8) kemarin. Bom ini dipastikan masih aktif

JAYAPURA-Niat seorang warga bernama Yakin Sirait (60) untuk membersihkan selokan di depan bengkel di Ale-ale, Padang Bulan, Distrik Heram terhenti setelah secara tak sengaja ia menemukan karung yang di dalamnya terdapat sebuah mortir aktif.

Tanpa menunggu lama, Yakin menghubungi saksi lainnya bernama Daniel dan langsung  diteruskan dengan melapor ke rekannya di Gegana. Setelah berkoordinasi baik, tak lama tim Gegana bersama anggota Polsek Abepura mendatangi lokasi.

Polisi menyampaikan bahwa bom yang ditemukan meski kondisinya berkarat tetapi dipastikan masih aktif. Mortir ini merupakan peninggalan Perang Dunia II yang selanjutnya dibawa menuju Polair untuk diledakkan.

Setelah diidentifikasi, bom ini memiliki panjang 79 Cm dengan berat 50 Kg dan berdiameter 28 Cm. Bom ini memiliki radius 500 meter.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Gustav Urbinas melalui Kapolsek Abepura, AKP. Dionisius Helan, SIK.,  menyampaikan bahwa bom ini ditemukan dan langsung dievakuasi ke tempat aman untuk diledakkan.

“Saat itu saksi sedang membersihkan selokan dan secara tidak sengaja mengena benda keras dan langsung diperiksa ternyata isinya bom,” kata Kapolsek Dionisius.

Kronologisnya berawal sekira pukul  11.40 WIT di depan Bengkel Kawasaki Ale-ale dimana saksi tengah membersihkan selokan dan mencurigai isi karung. Setelah dibuka ternyata berisi bom.

Kapolsek menyampaikan bahwa apa yang dilakukan saksi sudah betul dengan langsung membangun koordinasi dengan pihak berwajib dan langsung dievakuasi. “Kami berharap kalua ada warga lain yang menemukan hal serupa untuk tidak mengambil tindakan sendiri tetapi langsung menghubungi Polisi agar segera dievakuasi sebelum terjadi apa-apa,” pungkasnya. (ade/kim/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *