Dishut Keterbatasan Anggaran dan SDM

Jan Jap Ormuseray

JAYAPURA- Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kehutanan terus meningkatkan operasi pengawasan hasil hutan di Wilayah Papua.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray,SH,M.Si mengatakan,  hingga kini dinasnya masih berhadapan dengan suatu persoalan yang cukup rumit. Selain terbatasnya SDM, juga keterbatasan anggaran dalam melakukan pengawasan hasil hutan  di Papua.

“Baru-baru ini kami telah melakukan sidak dan telah menemukan ribuan kubik kayu disepanjang Wilayah Waris, Senggi di Kabupaten Kerom. Hanya saja  temuan kayu-kayu ini tidak bisa kami angkut karena membutuhkan peralatan dan juga anggaran untuk menyewa tenaga tukang angkut dan sewa truk,”terang Ormuseray.

Untuk itu pihaknya berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua terutama dari Gubernur maupun dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

“Tentu saja dengan adanya dukungan anggaran yang cukup,  pengawasan dalam operasi pengamanan hasil hutan di Provinsi Papua ini bisa berjalan baik dan lancar,”ujar Ormuseray.

Menurut Ormusrey, dengan dukungan anggaran yang cukup, barang bukti hasil temuan di lapangan bisa langsung diangkut atau disita saat itu juga. Tetapi untuk saat ini pihaknya masih sifatnya pengawasan.

“Kami tidak mau hasil hutan di Papua ini habis akibat pembalakan liar yang dilakukan oleh pelaku illegal logging yang kini semakin marak dilakukan di  beberapa wilayah di Papua seperti di Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi. (ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *