Lenis Kogoya Kembali Pimpin LMA Papua

Roberth Yewen/Cenderawasih Pos
Ketua LMA Papua, Lenis Kogoya, dikukuhkan kembali menjadi Ketua LMA Papua di Hotel Horex Sentani, Jumat (3/8) kemarin.

SENTANI- Lenis Kogoya kembali lagi dipercayakan oleh para tokoh adat dari 5 wilayah adat di Papua sebagai Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua melalui musyawarah yang dilakukan di Hotel Horex Sentani, Jumat (3/8) kemarin.

Sekretaris LMA Papua, Paskalis Netep, mengatakan bahwa inti dari musyawarah yang dilaksanakan ini adalah bagaimana menata kembali AD/ART dan tata tertib musyawarah serta konsolidasi pengurus LMA Papua.

“Dalam konsolidasi ini kita tetapkan saudara Lenis Kogoya sebagai ketua LMA Papua,” ungkapnya kepada wartawan usai kegiatan musyawarah LMA Papua yang berlangsung di Hotel Horex Sentani, Jumat (3/8) kemarin.

Paskalis menjelaskan bahwa sesuai dengan tradisi yang ada di wilayah pegunungan Papua, terutama dalam strata kepemimpinan adat atau disebut sebagai “wisama” atau seorang pemimpin yang memiliki karismatik atau pemimpin inisiasi.

Artinya mampu mengendalikan segala sesuatu yang tidak mungkin secara wajar dikendalikan oleh manusia, seperti misalnya konflik horizontal yang sering terjadi antara masyarakat dengan masyarakat di berbagai daerah mampu diselesaikan oleh Ketua LMA Papua, Lenis Kogoya.

“Dengan dasar ini, maka kemarin telah ditetapkan secara aklamasi melalui musyawarah ditetapkan dan dikukuhkan sebagai panglima perang dengan predikat 7 bintang dan juga sebagai pimpinan LMA seumur hidup,” ujar Paskalis.

Paskalis menyatakan ini merupakan pendapat dari beberapa pimpinan LMA dari berbagai kabupaten/kota di Papua dan ditetapkan dalam AD/ART dan tata tertib kedepan. “Itu yang menjadi dasar kita menetapkan saudara Lenis Kogoya sebagai pimpinan LMA dan memiliki predikat pimpinan perang dengan 7 bintang,” ujarnya. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *