Pendaftaran Relawan PON XX Resmi Dibuka

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi. (FOTO : Erik / Cepos)

Lima Klaster Butuh 20 Ribu Relawan

JAYAPURA-  Dispora Provinsi Papua akan merekrut relawan yang disebar di lima klaster yang akan menjadi tuan rumah PON XX.  Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, penerimaan relawan untuk mendukung penyelenggaraan PON akan dimulai dari klaster Kota dan Kabupaten Jayapura.

Yusuf mengatakan bahwa setelah Jayapura, pihaknya akan kembali membuka pendaftaran di Kabupaten Merauke dan Mimika. Setelah itu baru Kabupaten Biak Numfor dan Jayawijaya.

 “Proses perekrutan sudah dimulai, dibuka melalui online dan offline.  Bagi peminat bisa langsung kirim lamaran ke Dinas Olahraga dan Pemuda Papua serta dinas olahraga Kota dan Kabupaten Jayapura,” ujar Yambe Yabdi kepada wartawan Kamis (2/8) kemarin.

Menurutnya, Bidang Kepemudaan Dinas Olahraga dan Pemuda Papua yang akan menangani langsung proses perekrutan Relawan, dan penerimaan relawan itu terbuka untuk umum. Sehingga bagi pelamar dari luar Papua juga bisa ikut mendaftar. “Penerimaan Relawan terbuka untuk umum, dan mendaftar yang di luar Papua bisa daftar secara online di website Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua,” ujarnya Yusuf.

Ia menyebutkan,  kebutuhan relawan PON Papua cukup besar, untuk mencakup lima klaster membutuhkan sebanyak 20 ribu orang. “Untuk tahap pertama ini, kita akan rekrut 2 ribu relawan  untuk Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura,” katanya.

Lanjutnya, dalam Surat Keputusan (SK) PB PON Papua, posisi koordinator relawan atau relawan dikendalikan langsung oleh Asisten Teritorial (Aster) Kodam XVII Cenderawasih. “Hanya saja, kita harus minta izin kepada Pangdam,” kata Yusuf.

Ditambahkan pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris PB PON Papua itu. Perekrutan relawan merupakan salah satu fokusnya. Sebab kehadiran relawan juga akan menjadi bagian penting dari penyelenggaraan PON XX 2020 di Papua.  Bahkan nanti mereka sebagai pedamping yang tugasnya mendampingi ketua kontingen (2 orang) dan kontingen (3 orang). Jadi setiap cabang olahraga ada pendampingnya.

Jadi, kata Yusuf Yambe Yabdi relawan nantinya tidak hanya bertugas di PON, tetapi juga pekan olahraga Paralympik Nasional (Peparnas) XVI Papua,” kata Yusuf Yambe Yabdi.

S elain merekrut para relawan, kata Yusuf, kedepan akan ada rapat bidang-bidang penanggungjawab PON, diantaranya konsumsi, transportasi, akomodasi, keamanan, dan kesehatan.

“Ada 14 bidang, apalagi surat dari ketua umum KONI pusat sudah ada sehingga harus segera dilakukan rapat bidang-bidang penunjang PON XX,” kata Yusuf Yambe. (eri/wen)

1 thought on “Pendaftaran Relawan PON XX Resmi Dibuka

  1. Selamat malam, saya mau bertanya, apakah ada juga penerimaan menjadi relawan pon bagi orang-orang di luar papua, karna juga pasti banyak alumni relawan asian games kemarin yang berkeinginan menjadi relawan pon termasuk saya, kalau bisa, tolong bagai mana cara dan prosedur pendaftarannya, terimakasih sebelumnya ?#ponpapua #papuabangkit #salamdaripalembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *