Pembukaan FTH Bakal Diwarnai Parade Tifa

JAYAPURA- Festival Teluk  Humboldt(FTH) Ke-X Tahun 2018, secara resmi akan dibuka  Minggu (5/8) sekira pukul 16.00 WIT di jalan ring road Pantai Hamadi.

Rencananya, even wisata budaya ini  akan dibuka langsung oleh Pejabat Kementerian Pariwisata RI, bersama Wali Kota Jayapura, disaksikan Forkopimda Papua, tamu undangan dan masyarakat.   

  “Saya sudah berikan undangan pembukaan FTH ke Kantor Kementerian RI di Jakarta, nanti ada pejabat di Kementerian RI yang buka, sekaligus berikan sambutan, termasuk Wali Kota Jayapura,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias B.Mano kepada wartawan, Jumat (3/8 ) kemarin.

   Dijelaskan, dalam pembukaan FTH nanti ada parade tifa, yang dilakukan masyarakat Port Numbay dari 14 kampung  dan masyarakat Nusantara. Untuk tamu dari pusat dan Wali Kota akan disambut dengan tarian dari Kampung Waena, dihadiri juga tamu dari negara tetangga PNG.

  Untuk suguhan lainnya, masyarakat dan pengunjung selama di sana bisa menikmati berbagai makanan kuliner khas Papua khususnya  Port Numbay, bisa membeli souvenir khas Papua ataupun lainnya yang ada di stand-stand yang telah disediakan hampir 50 stand.

   “Untuk undangan pejabat baik dari pusat,  Forkopimda Papua, Kota Jayapura dan mitra ada 200 undangan, yang telah kami sebar, dalam acara pembukaan nanti banyak pertunjukan seni yang kita hadirkan,’’jelasnya.

   Hal lainnya, supaya masyarakat maupun pengunjung bisa menikmati keindahan Teluk Youtefa dan kampung Enggros serta Tobati, dalam FTH panitia juga menyediakan 2 jenis angkutan laut yaitu speedboat dan perahu, serta dilakukan lomba dayung oleh Dispora Kota Jayapura.

    ‘’FTH tahun ini memang beda kita lebih garap secara maksimal, potensi kebudayaan dan keindahan di Kota Jayapura, supaya masyarakat dan pengunjung dari Papua maupun luar Papua akan puas dan senang, karena dilakukan dengan totalitas dan perencanaan yang matang. Apalagi ini sudah masuk dalam kalender Kementerian Pariwisata RI,’’ujarnya. (dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *