Empat Radar Kosek Hanudnas IV Dioperasikan 24 Jam

Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay, S.IP, M.Tr (Han)

Untuk Peningkatan Pengawasan Wilayah Kedaulatan NKRI

BIAK-Peningkatan pengawasan terhadap kemungkinan adanya pelanggaran udara di wilayah kedaulatan NKRI khususnya di wilayah Timur Indonesia terus ditingkatkan.  Salah satu yang dilakukan TNI AU adalah mengoptimalkan pengoperasian semua Satuan Radar (Satradar) yang ada di wilayah Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV (Kosek Hanudnas IV).

Sebanyak empat radar yang kini dimiliki Kosek Hanudnas IV dioperasikan selama 24 jam. Peningkatan jam operasi semua radar tersebut tentunya dimaksudkan untuk peningkatan pengawasan di wilayah kedaulatan NKRI. Keempat radar itu masing-masing Sat Radar 242 Biak, Satradar 243 Timika, Satradar 244 Merauke dan Satradar 245 Saumlaki.

“Kami mengoperasikan semua radar selama 24 jam, sistemnya ada tiga kali seat petugas dalam satu hari. Jadi semua pergerakan pesawat di udara tetap terpantau selama 24 jam,”ungkap Pangkosek Hanudnas IV Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay, S.IP, M.Tr (Han) kepada wartawan, kemarin

Pangkosek juga mengatakan, dengan sistem peningkatan pengawasan semua Sat Radar maka tentu saja bisa lebih cepat mencegah dan melakukan tindakan hukum bagi pesawat asing yang terdeteksi melintas, khususnya yang masuk di wilayah Indonesia secara ilegal.

“Wilayah kerja Kosek Hanudnas berbatasan langsung dengan sejumlah negara, misalnya Papua New Gunea, Timor Leste dan Australia sehingga peran dari semua Sat Radar milik TNI AU harus dioptimalkan, perannya sangat strategis dalam membantu pengawasan wilayah NKRI, khususnya wilayah udara” pungkasnya.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *