BNI Launching Agen Terapung  Bagi Masyarakat Papua

Yohana/Cepos
Chief Executive Officer BNI Wilayah Papua Suhardi Petrus saat menunjukkan cara bertranskasi menggunakan mesin EDC yang disiapkan BNI kepada para penumpang KM Lestari Permai sebagai Agen terapung BNI, Kamis (2/8) kemarin.

JAYAPURA- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Jayapura Wilayah Papua, memfasilitasi beberapa kapal perintis di Pelabuhan Jayapura Papua. Salah satunya, adalah  KM Lestari Permai untuk menjadi agen layanan keuangan guna meningkatkan literasi keuangan ke masyarakat pesisir.

   Chief Executive Officer BNI Wilayah Papua Suhardi Petrus mengatakan, kapal perintis yang merupakan sarana transportasi umum di area kabupaten Sarmi dan Memberamo akan mendekatkan layanan perbankan BNI dengan masyarakat setempat dan menutup area blank spot yang keberadaan jaringan BNI belum ada di area tersebut.

  “Dalam mendekatkan layanan perbankan BNI kepada masyarakat, maka melalui para nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) ini  menjadi Agen Laku Pandai karena turut mensosialisasikan pentingnya produk dan jasa keuangan bagi penumpangnya.”  Ungkap  Suhardi Petrus kepada Cenderwasih Pos, Kamis (2/8) kemarin.

  Dengan diresmikannya KM Lestari Permai sebagai Agen terapung menegaskan kembali sejarah BNI sebagai pelopor bank terapung di Indonesia untuk melayani masyarakat yang tinggal di kepulauan atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat.

   Diakui Petrus, Layanan Agen Laku Pandai BNI atau Agen46 terbagi menjadi tiga yaitu layanan Laku Pandai, Layanan Keuangan Digital, dan Layanan Pembayaran Elektronik. Layanan Laku Pandai yang tersedia di dalam KM Lestari Permai, akan melayani kebutuhan penumpang yang ingin membuka rekening, setoran dan penarikan tunai.

  Selain itu penumpang juga dapat melakukan pembayaran elektronik (layanan e-payment) untuk pembayaran tagihan- tagihan atau kewajiban seperti tagihan telpon, listrik dll sampai dengan pembelian pulsa.

  “Selain didorong dengan besarnya potensi ekonomi, bisnis dan potensi pendukung lainnya yang ada di seluruh Wilayah Papua, langkah strategis kami untuk membuka dan meresmikan agen terapung juga didasari oleh semangat dan motivasi kami untuk dapat semakin mendekatkan layanan perbankan BNI kepada masyarakat Papua,” jelasnya.

   Petrus juga menambahkan, upaya yang pihaknya lakukan ini juga bertujuan meningkatkan financial inclusion di masyarakat sekitar, dan peran aktif BNI sebagai agent of change bagi bangsa dan Negara juga akan dapat terwujud secara lebih optimal di Kawasan Indonesia Timur.

   Sementara itu, salah satu masyarakat Yuliana Pigai mengakui, pihaknya sangat terbantu atas upaya BNI dalam menyediakan layanan perbankan langsung di Kapal-kapal yang mana masyarakat dapat lanmgsung bertransaksi baik itu penyetoran, penarikan bahkan pembayaran listrik di saat berada di kapal.

  “Dengan begini kami dapat semakin memahami cara –cara bertransaksi di perbankan, membuat kita semakin terbiasa menggunakan fasilitas perbankan, yang memang sudah harus kita pelajari guna menyikapi perkembangan saat ini,” jelasnya. (ana/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *