Berkat Peran Kepala Kampung, Pilkada Paniai Aman

Humas Polda
Pertemuan Kepala Kampung se Paniai dengan Kapolres Paniai AKBP Supriyagung

Jaga Keamanan di Paniai, Kapolres Beri Penghargaan Kepala Kampung se-Paniai

JAYAPURA- Dalam rangka memelihara keamanan dan ketentaraman masyarakat pasca tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Paniai, Polres Paniai menggelar tatap muka yang dihadiri seluruh Kepala Kampung se-Kabupaten Paniai, di Aula Polsek Paniai Timur, Rabu (1/8).

  Tatap muka yang dimulai pukul 10.00 WIT, ditandai dengan pemberian bantuan serta piagam penghargaan dari Kapolres Paniai AKBP Supriyagung kepada kepala kampung, atas peran sertanya menjaga keamanan selama pelaksanaan Pilkada di Paniai.

  Supriyagung  mengapresiasi peran serta masyarakat yang telah membantu menjaga keamanan selama pelaksanaan tahapan Pilkada di Paniai, mulai dari tanggal 25 sampai 27 Juli.

“Situasi kondusif ini hingga tidak ada gesekan merupakan wujud kerjasama aparat keamanan dan kepala kampung,” kata   Supriyagung sebagaimana rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Kamis (2/8) kemarin.

  Dalam pertemuan itu, dirinya meminta agar kepala kampung menjaga kerukunan warga di kampung masing-masing dan menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu kepala kampung diharapkan tidak mudah terprovokasi berita bohong (hoax) yang disebarkan oleh pihak-pihak yang ingin mengadu domba masyarakat.  Misalnya, terang Kapolres, seperti pertumpahan darah yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya, tahun 2017 lalu.

  “ Kita sebagai aparat keamanan tidak menginginkan adanya pertumpahan darah di Paniai, maka itu  kepala kampung agar memberikan nasehat kepada masyarakatnya supaya tidak terprovokasi dari orang-orang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

  Kepala kampung kata Supriyagung harus memberikan pemahaman kepada warganya agar tidak melakukan tindakan kriminal. “Peran kepala kampung sangat penting, maka itu harus bisa saling menjaga satu sama lain , dan tetap tingkatkan komunikasi dengan aparat keamanan, supaya Paniai tercipta aman dan damai,” katanya.

  Sementara itu, Kepala Satuan Intelkam Polres Paniai Ipda Jhon Itlay menyampaikan apresiasi kepada para kepala kampung yang telah bersedia hadir dalam tatap muka tersebut.

“Tatap muka ini biar kita saling mengenal satu sama lain, menjalin silahturahmi dan saling mengingatkan agar Paniai tetap aman dan damai,” tuturnya.

  Itlay  memandang keberhasilan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati di Paniai merupakan hasil kerja keras para kepala kampung yang turut membantu aparat keamanan. Ia pun mengharapkan tatap muka ini dapat menjadi wahana untuk saling menjaga keharmonisan kekeluargaan antara masyarakat dan aparat keamanan.

  “Kerja keras bapak kepala kampung sangat membantu kami dalam pelaksanaan Pilkada Paniai yang terlaksana aman dan damai,” katanya.

  Sementara itu, Yulius Gobai sebagai salah satu perwakilan Kepala Kampung merasa bangga atas pertemuan yang diselenggarakan Kapolres Paniai AKBP Supriyagung. Sebab, pertemuan ini bisa menjalin komunikasi dengan baik antara masyarakat dan aparat keamanan.

  Ia pun menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah meredam aksi unjukrasa masyarakat tanpa adanya letusan tembakan.

“Selama tahapan Pilkada, sering sekali terjadi demo di Paniai menyangkut Pilkada Bupati. Namun, aparat TNI dan Polri bisa meredamkan masa dan selesaikan tanpa adanya bunyi letusan dari pihak keamanan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Yulius menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah menghargai para kepala kampung di Paniai.

“ Pilkada Paniai sudah berjalan, akan tetapi masih dalam proses tahapan-tahapan Pilkada lain. Kita  harus saling menjaga keamanan  bersama,  karena Indonesia adalah negara hukum,” tandasnya. (fia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.