Berkas Perbaikan Bacaleg Diumumkan Secara Terbuka

Noel/Cepos
Ketua KPU Keerom Bonefasius Bao bersama anggota saat melakukan verifikasi berkas perbaikan Bacaleg di Kantor KPU Keerom, Jumat, (3/9).

KEEROM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Keerom memverifikasi perbaikan berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) dari masing-masing partai politik.

Ketua KPU Keerom, Bonefasius Bao mengemukakan, sesuai jadwal pemilihan umum (Pemilu) 2019,  1-7 Agutus 2018 KPU Keerom melakukan pemeriksaan berkas asli untuk perbaikan berkas Bacaleg. “Hari ini KPU Keerom bersama Panwaslu Kabupaten Keerom melakukan verifikasi berkas perbaikkan Bacaleg dari masing-masing partai,” kata Bonefasius di Keerom, Jumat, (3/8).

Menurut dia, sudah ada delapan partai yang berkasnya diperiksa. KPU Keerom bersama Panwaslu Keerom sudah melakukan pemeriksaan secara detail kelengkapan syarat calon.Lanjut dia, nantinya hasilnya disampaikan oleh KPU Keerom di atas tanggal 7 Agustus 2018, akan disampaikan secara terbuka melalui pleno, berkaitan dengan kelengkapan berkas Bacaleg, apakah memenuhi syarat atau tidak.”Nanti setelah pemeriksaan ini kita masuk dengan proses yang disebut dengan penetapan data calon sementara,” ujarnya.

Bonefasius, ada beberapa kategori dalam melakukan pergantian, apabila ditemui ada bakal calon yang tidak memenuhi syarat. Tidak memenuhi syarat ini juga dilihat dari beberapa hal misalnya belum terpenuhinya 30 persen keterwakilan perempuan.

Kemudian ada perempuan yang mengundurkan diri dan mempengaruhi syarat  30 persen maka bisa dilakukan pergantian. “Apabila ada perempuan mundur kemudian tidak mempengaruhi 30 persen, maka tidak dilakukan pergantian,”pungkasnya.(oel/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *