Belum Ada Pengajuan Grasi 

Iwan Santoso, S.H.M.Si

JAYAPURA- Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Papua, Iwan Santoso, S.H.M.Si mengatakan bahwa Grasi merupakan hak dari seorang tahanan atau Narapidana yang akan difasilitasi oleh Kemenkumham dan juga pihak Lapas. Namun hingga kini belum ada usulan  narapidana di Lapas wilayah Papua yang mengajukan grasi  atas kasus hukum yang dijalaninya.

  “Kami tidak punya hak untuk mengajukan grasi, akan tetapi kami dalam hal ini Kemenkumham hanya memfasilitasi atas pengajuan grasi dari para napi tersebut, ” ungkap Iwan kepada Cenderawasih Pos saat di temui di ruang kerjanya di kantor Kakanwil Kmekumham Papua Abepura Kamis (2/8).

  Adapun napi atau tahanan yang akan mengajukan grasi tersebut tentu dengan berbagai pertimbangan yang sudah ditetapkan sesuai prosedur dan  proses yang harus dilalui dan  persyaratan untuk mengajukan grasi tersebut harus dipenuhi.

  Pihaknya mengakui untuk tahun ini dari Kemnkumham Papua atau Lapas-lapas yang ada di wilayah Papua belum ada napi yang akan mengajukan untuk grasi dan jika pun ada pihaknya akan siap melayani dengan sepenuh hati untuk mengikuti proses yang ada.

  “Karena kami sifatnya hanya untuk memfasilitasi,  jika ada para napi yang ingin mengajukan grasi tersebut, “katanya.

  Pernyatan yang sama dari kepala Lapas Narkotika Abepura, Korneles Rumboirusi mengatakan bahwa sejauh ini Lapas Abepura belum ada napi yang mengajukan Grasi ke pihak Lapas. “Sejauh ini belum ada napi yang akan mau mengajukan grasi baik napi Anak anak maupun napi dewasa,”tegas Korneles ke Cenderawasih Pos Kamis (2/8).

  Karena grasi merupakan hak para Napi, pihak lapas Abepura akan siap melayani tentu sesuai dengan prosedur Grasi tersebut.  Jika para napi yang ajukan grasi dan sesuai dengan aturan yang ada maka kami dengan tangan terbuka siap melayaninya, “tutupnya. (kim/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *