PLN Bangun PLTMG Peaker di Holtekamp

Pembangunan PLTMG Peaker dengan kapasitas 40 MW, yang dibangun tepat dibelakang PLTMG Holtekamp, Selasa (31/7) kemarin. (FOTO : Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Untuk meningkatkan kehandalan listrik di Jayapura, PT. PLN (Persero) tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) baru dengan kapasitas 40MW yang disebut PLTMG Peaker di Holtekamp. Direktur Regional Maluku Papua PT PLN (Persero) Ahmad Rofik mengatakan, PLTMG Peaker ini merupakan pembangkit yang dibangun PLN untuk digunakan pada saat beban puncak atau permintaan listrik sedang tinggi yaitu pada malam hari.

“Pemakaian listrik pada siang maupun malam hari berbeda. Jika siang hari penggunaan listrik biasanya kurang karena lampu semua dimatikan, tetapi kalau malam hari penggunaan listrik tinggi, karena semua rumah menyalakan lampu dan barang elektronik lainnya, sehingga beban siang dan malam kami berbeda, ” ungkap Ahmad kepada Cenderawasih Pos, Selasa (31/7) kemarin.

Lanjutnya, untuk mengcover semua beban puncak pada malam hari, pihaknya akan menambahkan PLTMG Peaker yang saat ini tengah dibangun di belakang PLTMG Holtekamp saat ini, nantinya PLTMG Peaker tersebut memiliki kapasitas 40 MW.

“Alasan kami menambahkan PLTMG Peaker ini agar masyarakat dapat menikmati listrik dengan baik, yaitu tidak ada kendala pada malam hari pada pemadaman listrik. Kalau dulu memang sering terjadi pada malam hari karena dayanya terbatas sehingga kebanyakan kami jadwalkan pemadaman bergilir pada malam hari,” bebernya.

Diakui Ahmad, saat ini kapasitas kelistrikan di Jayapura sudah sangat cukup dan pihaknya terus mendorong pembangunan di Jayapura dengan menyiapkan listrik.

Untuk kapasitas listrik, Ahmad mengakui tidak ada kendala lagi, bahkan jika pemerintah daerah akan membuat investasi baru dan membutuhkan listrik maka pihaknya akan menyiapkan karena itu sudah menjadi komitmen PLN.

Sementara itu terkait progress pembangunan PLTMG Peaker diakui Ahmad, saat ini progresnya sudah mencapai 47 persen hampir 50 persen dan pihaknya targetkan pembangunan PLTMG Peaker akan diselesaikan pada Desember 2018, sehingga nantinya ada penambahan daya lagi sebesar 40 MW. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *