Canangkan Imunisasi Campak dan Rubela 

Denny/ Cepos
Perwakilan anak sekolah yang mendapat imunisasi Campak dan Rubela dalam pencanangan di Kantor Bupati Jayawijaya, Kamis, (2/8).

WAMENA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya saat ini telah mencanangkan imunisasi Campak dan Rubela secara resmi. Meskipun sejak kemarin beberapa sekolah di Wamena telah lebih dulu melakukan imunisasi di sekolah terhadap para siswa baik dari SD maupun SMP.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, dr. Willy Mambieuw, Sp,B mengakui, sebelum melakukan pencanangan imunisasi Campak dan Rubela, Dinas Kesehatan Jayawijaya telah lebih dulu melakukan sosialisasi  sehingga setiap Puskesmas mulai dari kemarin sudah ke sekolah-sekolah.

“Sudah mulai berjalan, untuk wilayah yang paling jauh vaksinnya sudah kita kiri minggu kemarin, untuk Puncak Trikora, Walaik, Tailarek, semuanya sudah kita distribusikan ke sana,”ungkapnya.

Sedangkan untuk Puskesmas dalam kota yang masih bisa dijangkau dengan kendaraan, itu juga sudah di distribusikan ke sekolah-sekolah, kita harapkan teman-teman dari Puskesmas ini yang nanti akan ke sana.

“ Misalnya Wamena Kota, nanti  ada pendampingan dari Puskesmas Wamena Kota, jalan sambil sosialisasi, sebenarnya sebelum pencanangan, kita sudah mulai masuk melakukan vaksinasi. Wamena Kota mulai dari SD YPPK St.Yusuf,”jelasnya.

Dalam imunisasi ini, kata dr. Willy Mambieuw, memang bulan ini pihaknya fokuskan untuk sekolah-sekolah, karena ada dua tahap yakni Agustus untuk sekolah-sekolah, September baru akan dilakukan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

“Untuk di sekolah-sekolah tidak serentak kita lakukan, bertahap sepanjang Agustus ini. Jadi kita fokus mulai dari usia 5 hingga 15 tahun. Jadi akan dikakukan selama dua bulan ini,”katanya.

Ia melihat, manfaat vaksinasi ini memberikan kekebalan kepada si anak, yang sudah punya kekebalan pertama yang sudah pernah dapat vaksin, yang sudah pernah mendapatkan penyakit polio atau campak, ini diharapkan secara alami memang mereka sudah punya kekebalan atau vaksi atau antibody terharap Rubella dan Campak ini.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *