Pengedar Ganja Lintas Daerah Dibekuk

Elfira/Cepos
Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas didampingi Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota AKP MYB Hanafi, dan Kasubag Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra saat memberikan keterangan persnya di Mapolres Jayapura Kota, Selasa (31/7).

SEMENTARA ITU_  Aparat kepolisian juga berhasil mengagalkan penyelundupan puluhan paket ganja kering dengan berat sekira 1,3 Kg yang hendak dibawa ke   daerah Serui dan Sorong lewat Pelabuhan Laut Jayapura, Senin (30/7/).

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas yang didampingi Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota AKP MYB Hanafi, dan Kasubag Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra dalam rilis yang digelar di Polres Jayapura pada Selasa (31/7) kemarin menyebutkan sebanyak dua orang ditangkap polisi dengan inisial EAF dan HY.

“Kedua tersangka ditangkap pada pukul 22.00 WIT dan sudah diamankan di tahanan Polres Jayapura Kota untuk proses pemeriksaan lanjutan,” ungkapnya.

Dikatakan, kronologis penangkapan bermula ketika EAF dan HY melewati ruang embarkasi atau tempat pemeriksaan tiket serta barang. Rencananya EAF hendak menaiki KM Dobonsolo tujuan  Serui, sedang HY tujuan Sorong, dari penangkapan tersebut lantas aparat menemukan sebanyak 39 paket Ganja di tas EAF.  Sementara dari dalam tas HY aparat menemukan sebanyak 30 paket ganja.

“Diduga puluhan ganja kering akan dijual di dua daerah tersebut, namun dari pemeriksaan awal,  kedua tersangka mengaku hanya berperan sebagai kurir, ” jelasnya.

Kedua tersangka kata Gustav dijerat dengan Pasal 111 Ayat 1 dan Pasal 127 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara maksimal 12 tahun penjara.

Dari penangkapan 2 tersangka itu kata Gustav, maka sebanyak 82 kasus penyalahgunaan narkoba yang ditangani Polres Jayapura Kota selama tujuh bulan terakhir.  Sementara jumlah tersangka yang ditangkap dari 82 kasus ini sebanyak 92 orang.

“Barang bukti yang diamankan dari 82 kasus ini adalah 33, 5 kilogram ganja,  47 gram sabu,  99 butir pil PCC dan 485 liter minuman keras, ” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota AKP MYB Hanafi mengungkapkan,  kedua tersangka akan mendapatkan bayaran setelah mengantar puluhan paket ganja ini ke daerah tujuan.

“Dari keterangan salah satu tersangka,  harga jual satu paket ganja berukuran  besar bisa mencapai Rp 1 juta. Mereka mendapatkan ganja dari negara Papua Nugini, ” ungkapnya.

Kasus ini, kata Hanafi akan dikembangkan dengan melakukan pemeriksaan dan memintai keterangan pelaku lebih dalam. Bahkan akan melakukan koordinasi dengan Polres terkait. (fia/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *