Lebih Dekat dengan Ketua Pengadilan Negeri Jayapura yang Baru Khamim Thohari, SH, MHum

Mantan Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Lukman Bachmid, SH,MH  dan Ketua PN Jayapura yang baru Khamim Thohari, S.H.,M.Hum didampingi istri usai serahterima jabatan di Kantor PN Jayapura, Jumat (27/7) pekan kemarin. (FOTO : Humas PN Jayapura for Cepos)

Kerja Lebih Cepat, Supaya Masyarakat Tidak Bosan Menunggu

Jumat (27/7) pekan kemarin, jabatan Ketua Pengadilan Negeri Jayapura resmi diserahterimakan, dari pejabat lama Lukman Bachmid, SH,MH  kepada pejabat yang baru Khamim Thohari, S.H.,M.Hum. Lantas bagaimana komitmen pejabat yang baru ini dalam memimpin PN kelas I A Jayapura dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mencari keadilan ini?

Laporan: Mustakim Ali_Jayapura

Sebagai pemimpin yang baru di lingkungan Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura, Khamim Thohari, S.H.,M.Hum, nampaknya harus cepat mengindentifikasi berbagai kendala yang ada di PN Jayapura, sebelum menerapkan program dan srateginya dalam peningkatan pelayanan, terutama bagi masyarakat yang berperkara dan mencari keadilan.

   Mantan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Palangkaraya ini, tentu sudah tidak asing dalam memimpin lembaga peradilan ini. Tak heran, di awal dirinya menjabat, sejumlah program sudah mulai dipersiapkan. Diantaranya adalah melakukan  penataan terhadap pelayanan yang lebih dan memudahkan masyarakat dalam berurusan dan juga menciptakan suasana yang   sejuk.

  “Hal ini supaya  para penggunjung terlihat lebih enjoy, meski dengan kondisi sedang mengurus sebuah masalah atau perkara,” ungkap Ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Khamim Thohari, S.H.,M.Hum saat ditemui Cenderawasih Pos di ruang kerjanya, Selasa (31/7) kemarin.

  Namun begitu, satu hal yang menjadi perhatian seriusnya adalah dari sisi jadwal pelaksanaan kegiatan sidang di PN Jayapura. Sebab, dari informasi yang didapatnya, kegaitan sidang ini sering kali molor, bahkan hingga berlangsung malam hari, di  luar jam kerja normal lembaga peradilan.

  Secara internal, pihaknya akan memperbaiki standar pelayanan dari setiap pegawai PN Jayapura. Hal ini  perlu ditingkatkan, meski sebelumnya sudah maksimal dan efektif tapi juga harus  disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

  “Jika masyarakat maunya cepat kita sebagai petugas jangan memperlambat atau semau kita, akan tetapi berusaha untuk kerja lebih cepat supaya masyarakat tidak merasa bosan atau menunggu terlalu lama,” ungkap Khamim ke Cenderawasih Pos saat ditemui di PN Jayapura Selasa (31/7).

  Hal ini dilakukan supaya masyarakat merasa puas dan juga menikmati pelayanan yang diberikan oleh PN Jayapura. Selain itu, yang juga perlu diperhatikan adalah jadwal pengantaran tahanan untuk disidangkan. Dimana selama ini kebanyakan masyarakat yang menunggu keluarganya untuk disidangkan dengan waktu yang sangat lama, karena para tahanan diantar oleh  kejaksaan sekira pukul 14.00 WIT. Masyarakat yang ingin mengikuti persidangan keluarga harus menunggu lama, bahkan hingga malam hari.

   Terkait persoalan tersebut, Khamim mengaku akan berkordinasi dengan pihak jaksa, untuk mengupayakan setiap  tahanan yang akan disidangkan akan direkomendasikan satu hari sebelum hari persidanggan, supaya pada saat hari persidangan para tahanan akan diantar pagi dari kejaksaan menuju PN Jayapura.

   “Kami akan berkoordinasi dengan pihak jaksa dulu , supaya setiap tahanan yang akan disidangkan diusahakan diberikan rekomendasi satu hari sebelumnya,” ujarnya.

  Hal ini dilakukan supaya memaksimalkan waktu yang ada dan juga membuat masyarakat tidak menunggu waktu terlalu lama untuk persidangan. Sebab,  para tahanan akan diantar pada pagi hari dari Kejaksaan. Selain itu, bukan hanya masyarakat akan tetapi para pegawai juga pulang kantornya tidak kemalaman terus.

  Khamim Thohari, yang  sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri/Tindak Pidana Korupsi Palangkaraya juga  berharap selain perbaikan jadwal sidang, juga harus ada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.    

  Suasana PN Jayapura juga harus turut mendukung, misalnya membuat ruangan baik di dalam ruang sidang maupun di ruang tunggu sejuk dengan adanya AC ,TV dan juga properti lainnya. Hal ini dimaksudkan agar  masyarakat yang sedang menunggu  merasa terhibur dan juga bisa menciptakan suasana adem terhadap setiap masyarakat yang datang di Pengadilan.

  “Kalau kita  ciptakan ruangan yang dingin dan menarik, tentu masyarakat akan merasa senang, dimana yang tadinya masyarakat datang dengan banyak persoalan atau beperkara bisa sedikit terhibur dan merasa sejuk di ruangan yang kita sediakan,”tegasnya.

   Khamim juga berharap kepada semua jajaran PN Jayapura untuk bersama-sama mendukung semua program dari PN Jayapura agar terealisasi dengan baik, terutama  untuk kepentingan peningkatan    kualitas pelayanan PN Jayapura   terhadap masyarakat. (*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *